Goweser Mocca, Rutin Mbolang Menjelajahi Alam Montong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebelum maraknya kendaraan bermotor seperti saat ini, sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang pernah menjadi sarana utama bagi warga Tuban, khususnya di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Itu tampak beberapa tahun yang lalu jalan raya yang dipenuhi oleh siswa-siswi sekolah yang berangkat menuntut ilmu dengan sepeda menempuh jarak berkilo-kilo. Namun seiring kemajuan zaman sepeda kian tergeser oleh sepeda motor yang dirasa lebih cepat dan nyaman sebagai alat transportasi.

Dengan begitu, beberapa warga Kecamatan Montong kini mulai membentuk suatu komunitas pengendara sepeda seperti halnya Montong Cycling Club Adventure (Mocca) dengan berbagai tujuan seperti untuk olahraga dan kesehatan maupun menikmati potensi wisata alam.

Klub yang berdiri sejak 2012 itu melakukan kegiatan mbolang atau jelajah alam setiap satu pekan sekali ke berbagai tempat dengan medan menantang adrenalin seperti menuju Air Terjun Bongok dian Gunung Maindu.

“Klub ini berawal dari beberapa gelintir orang di Kecamatan Montong dari beragam kalangan, yang suka bersepeda dengan off road alias jelajah alam," ujar Wahyu Budi, ketua komunitas tersebut.

Dari informamasi yang diperoleh blokTuban.com, terdapat beberapa pengalaman yang menarik, saat bersepeda bersama melalui medan yang menantang nyali karena beberapa tanjakan dan turunan yang harus dilalui. "Sehingga kami gembira ketika sampai di tujuan dengan selamat. Selain itu kami juga berusaha menggali potensi wisata di Kecamatan Montong,” tambahnya. [hud/col]