Mocca, Tempuh Jalur Off Road Saat Beraksi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Berawal dari bersepeda keliling di jalan dekat rumah dan hanya terdiri dari tiga orang, Komunitas gowes Montong Cycling Club Adventure (Mocca) yang berdiri sejak 8 April 2012 telah memiliki belasan anggota. Anggotanya terdiri dari orang-orang dewasa  yang meluangkan hari liburnya untuk berolahraga sepeda, setelah satu minggu bekerja.

Belasan anggota atau penghobi gowes ini berasal dari berbagai desa Se-Kecamatan Montong. Aktivitas gowes barenga dilakukan untuk terus menjalin komunikasi serta menjaga kebersamaan dan kekompakan dengan para anggota. Mereka mengagendakan bersepeda bersama setiap hari Minggu.

Komunitas yang mengandalkan teknik dan stamina ini setiap kali melakukan aksinya bersepeda bersama selalu memilih rute yang ekstrim atau jalan yang sulit untuk ditempuh memakai sepeda atau jalur off road. Setiap kali bersepeda mereka pun selalu menempuh  jarak sekitar 15 sampai 25 kilometer.

"Karena jalan yang kita tempuh adalah off road atau jalan setapak, safety kami harus lengkap hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Wahyu Budi, Ketua Mocca kepada blokTuban.com.

Dengan rute jalan setapak yang ekstrim itu secara langsung maupun tidak langsung mereka juga ikut mengkampanyekan safety riding demi keamanan mereka dalam berkendara. Seperti halnya memakai helm, kaos tangan dan sepatu.

Budi menambahkan, komunitas Mocca ini selain bertujuan untuk menjadikan aktivitas bersepeda ini menjadi bagian hidup sehat, dan mengembalikan generasi-generasi muda sekarang untuk suka pada aktifitas bersepeda.

"Saya berharap generasi-generasi muda saat ini suka dengan olahraga bersepeda, karena saat ini minat memakai sepeda tanpa mesin semakin berkurang," ungkapnya.[hud/col]