Penyakit ini Sering Menyerang Ternak saat Pancaroba

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Perubahan musim atau pancaroba yang terjadi saat ini memang banyak mempengaruhi daya tahan tubuh pada hewan, seperti halnya sapi dan kambing akan rawan terserang penyakit.

Penyakit yang rutin menyerang pada hewan ternak pada musim pancaroba yang perlu diwaspadai ialah, Bovine Ephimeral Fever (BEF) dan Enteritis atau Diare, penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri dan virus karena udara lembab.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh dokter hewan di Puskeswan Kerek, Arif Andi Yahya, ia mengatakan, musim pancaroba ini memang banyak virus yang menyerang hewan ternak, oleh sebab itu perlu diwaspadai, agar penyakit tersebut tidak menjangkit hewan ternak milik masyarakat sekitar Kecamatan Kerek.

"Untuk sekarang ini hewan ternak yang terserang virus tersebut masih terbilang normal," ungkap Andi sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Perlu diketahui, bahwa tanda-tanda penyakit tersebut sebagai berikut, BEF, demam pada hewan, tidak mau makan, dan hidung mengeluarkan lendir terus, bisa hingga pincang. Sedangkan untuk Diare hewan ternak mengeluarkan kotoran cair. [hud/rom]