Ratusan Murid Raudhatul Athfal Ikuti Manasik Haji

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Gedung Asrama Haji pagi ini, Rabu (7/9/2016) sesak dipenuhi ratusan haji cilik yang mengikuti praktek manasik haji. Ratusan murid Raudhatul Athfal (RA) nampak antusias mengikuti arahan pelaksanaan rukun haji.

Tak ubahnya pelaksanaan rukun haji sesungguhnya, pada kegiatan manasik yang diinisiasi oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) pada manasik haji cilik ini mempraktekkan rukun bak haji sungguhan. Rukun haji seperti wukuf, thawaf, sa'i hingga tertib dengan mengelilingi replika ka'bah turut dipraktekkan.

"Manasik ini dilakukan supaya anak-anak sejak kecil punya niatan menyempurnakan rukun islam," kata Ketua PD IGRA Kecamatan Tuban, Siaroh.

Peserta manasik haji dominan datang dari Kecamatan Tuban dan beberapa perwakilan sekolah dari Kecamatan Singgahan dan Bangilan. Tepatnya terdapat 11 RA dari Kecamatan Tuban, satu TK dan 2 PAUD, dari Kecamatan Singgahan terdapat tiga RA dan satu RA dari Bangilan.

Manasik haji untuk murid RA ini terdapat perbedaan dengan pelaksanaan haji sungguhan. Seperti sa'i atau berjalan mulai dari bukit shafa ke bukit marwah jika dilakukan tujuh kali, namun kali ini dilakukan tiga kali.

Serasa berada di Makah, diserukan berkali-kali bacaan 'Labaik Allahumma Labaik. [dwi/rom]