Perpustakaan Jatirogo Perlu Tambah Buku dan Fasilitas

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jumlah buku yang ada di perpustakaan umum Jatirogo perlu ditambah. Dengan harapan pengunjung lebih meningkat. Fasilitas ruang juga tak kalah penting yang dapat merangsang minat baca.

Suharjito (62), salah satu pengunjung mengatakan, jumlah buku yang tersedia masih kurang lengkap. "Buku yang mengandung sejarah keagamaan terutama. Selain itu juga buku perkembangan tekhnologi," ungkapnya saat ditemui blokTuban.com.

Menurut dia, sebagai perpustakaan umum, seharusnya mampu mencukupi kebutuhan dari segala usia. Pria pensiunan penyuluh pertanian ini juga menginginkan ada sebuah tempat terbuka yang digunakan untuk taman baca. "Semacam gazebo. Agar pembaca tidak penat, terbatas di dalam ruangan," tandasnya.

Pengunjung lain, Susiati (17) mengatakan, ia sengaja datang ke perpustakaan umum untuk menghabiskan liburan sekolahnya dengan membaca. Jika sudah mulai aktif sekolah, siswa kelas XII SMA ini juga sering mencari literasi di perpustakaan umum ini, guna penyelesaian tugas sekolahnya.

"Selama liburan ini, saya jadwalkan seminggu sekali untuk berkunjung. Kalau sudah mulai masuk sekolah biasanya saat istirahat atau sepulang sekolah saya berkunjung," tutur gadis pecinta novel tersebut.

Ia juga mengungkapkan, selain buku, fasilitas yang harus ditambahkan adalah pemasangan Hotspot Wireless Fidelity (WiFi). Karena instalasi internet dirasa juga mempengaruhi meningkatnya minat baca masyarakat, "khususnya anak muda," terang Susiati. [rof/rom]