Labsite untuk Dongkrak Potensi Desa

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Labolatorium Desa atau Labsite akan diproyeksikan untuk mendongkrak potensi di tiap desa. Sebab, semua potensi desa nantinya akan diseleraskan dengan data yang berbasis teknologi.

Disampaikan Kasubid Keswadayaan dan Pengembangan Sumberdaya Bapemas, Pemdes dan KB Kabupaten Tuban, Amik Fadhori. Bahwa Labsite adalah program untuk mendongkrak potensi Desa. Segala potensi desa akan dipadukan dengan kecanggihan teknologi.

"Fungsi Labsite memang untuk mengali potensi di masing-masing desa," ujar Amik, kepada blokTuban.com.

Menurutnya, program dari kementerian dalam negeri ini sangatlah bagus, karena akan membawa desa lebih kearah mandiri. Segala urusan yang berkaitan dengan potensi desa nantinya akan dikelola sendiri oleh desa setempat. Oleh karena itu, sebelum benar-benar diterapkan maka aka dikaji terlebih dahulu keefektifannya.

"Ini kan bagus, potensi desa memang harus mulai ditonjolkan, Pemerintah desa nantinya harus lebih kreatif untuk perkembangan potensi desanya," pungkasnya.

Diketahui, yang akan mendapatkan program Labsite adalah desa terbaik ditiap-tiap kecamatan yang telah mengikuti program lomba desa 2016. [nok/rom]