Peziarah Ramai Ketika Bulan Suro

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Peziarah yang datang ke destinasi wisata religi makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi yang diketahui ayah dari Sunan Ampel mengalami lonjakan ketika bulan Suro tiba.

Sesuai penanggalan Jawa, tepatnya di bulan Suro kata juru kunci makam setempat, Mahmud lokasi makam dipenuhi peziarah. Berada di bekang masjid besar, makam pada bulan tersebut mampu menampung ribuan peziarah.

[Baca juga: Wisata Religi Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi Sepi Peziarah ]

"Waktu ramai-ramainya peziarah bisa datang dari luar kota bahkan luar negeri," kata Mahmud kepada blokTuban.com, Sabtu (11/6/2016).

Peziarah yang datang dari luar kota berasal dari sekitar Tuban, seperti Bojonegoro, Lamongan, Babat. Selain itu, datang pula dari kota-kota besar, seperti Banjarmasin dan sekitarnya.

Sementara itu, peziarah yang kerap bertandang ke makam yang berada di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang ini dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

"Beberapa orang sengaja datang untuk meminta safaat, selain itu untuk kepentingan sendiri dalam hal kesehatan dan ekonomi," kata Mahmud dalam logat Bahasa Jawa yang kental.[dwi/ito]