20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

42 tahun, Abdus Salim Bergelut dengan Mesin Jahit

bloktuban.com | Thursday, 09 June 2016 19:00

42 tahun, Abdus Salim Bergelut dengan Mesin Jahit

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sejak tahun 1972, Abdus Salim (62) warga Desa Jarorejo, Kecamatan, Kerek, Kabupaten Tuban mempunyai keterampilan menjahit. Saat itu ia masih duduk di bangku sekolah Madrasah Ibtidaiyah dan ia memilih tidak melanjutkan ke jenjang selanjutnya dengan alasan biaya dan keterampilan yang dimilikinya cukup untuk membuka usaha penerimaan jahitan.

Abdus Salim mengatakan, berhubung keterampilan menjahit adalah keterampilan turun-temurun dari keluarganya, ia diberi sedikit ilmu keterampilan menjahit. Setelah belajar kepada orang tuanya barulah ia membuka usaha menjahit.

Lokasi penjahitan berada di tepat depan rumahnya sendiri, sekitar 200 meter dari Jalan Raya Kerek-Montong memasuki gang. "Dulu sebelum di depan rumah seperti saat ini, pernah juga mengontrak di tempat-tempat lain, seperti halnya di pinggir jalan raya, dekat pasar dan lain-lain," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Dalam sehari Abdus Salim dapat menyelesaikan dua setel seragam sekolah, namun bukan hanya seragam sekolah saja yang saat ini dikerjakan. "Seperti halnya seragam pemerintah, kepolisian dan juga seragam hitam putih untuk anak kuliahan," tambahnya.

salim-1

Selama 42 tahun tersebut, ia dengan hanya menjahit mampu meguliahkan satu anaknya perempuan, dan meluluskan yang kedua anaknya hingga tingkatan (SMA). Tidak hanya itu selama 42 tahun tersebut ia juga pernah ikut beberapa pelatihan hingga mendapatkan alat baru.

Suami dari Hartini tersebut merupakan penjahit yang tertua dan paling tua di Desa Jarorejo, sehingga Abdus Salim sudah dikenal oleh banyak orang dari luar kerek yang akan menjahitkan di tempatnya. Dalam sebulan penjahit tersebut bisa memperoleh hingga dua juta kotor per bulan. "Kalau seperti ini penghasilan setiap bulannya bisa sampai dua juta rupiah kotor," jelasnya.

Dalam kebiasaanya menjahit dari pagi hingga malam, bapak tiga anak tersebut masih mempunyai kendala dalam pekerjaanya. Ia mengaku, "Pembuatan jaz pernikahan bagi saya yang paling rumit," pungkas kakek enam cucu tersebut. [hud/col]

Tag : salim, salim penjahit, penjahit salim, penjahit tuban, penjahit terbaik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat