Wabup: Jumlah SMK di Tuban Semestinya 60 Persen

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jumlah Sekolah Menengah Kejuruan di Tuban, menurut Wakil Bupati (Wabup) Tuban, belum cukup memadai. Sesuai harapan pemerintah, keberadaan SMK semestinya 60 persen lebih unggul dibanding sekolah formal sederajat.

Seperti diketahui, jenjang pendidikan setara SMK di Tuban, dapat dikatakan SMK urutan buncit dalam rasio. Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat 35, Madrasah Aliyah (MA) terdapat 40 dan SMk terdapat 3 lembaga.

Menurut orang nomor dua di Kabupaten Tuban tersebut, komposisi sekolah lebih unggul pada SMK. Perbandingannya 60 persen untuk SMK, dan 40 persen SMA dan sekolah sederajat lainnya.

"Beberapa perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang sesuai bidang, khususnya lulusan SMK," kata pria yang menjabat Wabup dua periode tersebut.

Ia berharap, di Tuban untuk dikembangkan sekolah kejuruan. Dengan demikian, calon tenaga kerja melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) dapat menyalurkan pada beberapa perusahaan yang membutuhkan tenaga di bidangnya.[dwi/rom]