Plengsengan Perahu di Ngadirejo dalam Proses Pengerjaan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengerjaan tanggul sungai terpanjang di Pulau Jawa, Bengawan Solo memasuki area atau batas Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Pengerjaan lanjutan kali ini dilakukan pada pembuatan plengsengan untuk perahu penyeberangan.

Sebelumnya diketahui, pada tahun 2015 lalu pengerjaan tanggul dilakukan di wilayah Desa Sumberejo dan sebagian Ngadirejo, Kecamatan Rengel. Kemudian di tahun 2016 pembuatan tanggul dilanjutkan pengerjaan tanggul yang berada di Ngadirejo dan desa selanjutnya.

Proyek multiyear atau lintas tahun pembuatan tanggul di Kecamatan Rengel melibatkan lima desa yang berada di pinggiran sungai bengawan solo. Yakni Desa Sumberejo, Ngadirejo, Kanorejo, Tambakrejo dan Karangtinoto. Sedangkan panjang tanggul di wilayah Rengel diperkirakan mencapai 17 kilometer.

"Pada 2015 telah diselesaikan dengan panjang sekitar satu kilometer. Yaitu penggurukan tanah di Desa Sumberejo dan pembuatan sebagian plengsengan di Desa Ngadirejo," kata Camat Rengel, M Mahmud kepada blokTuban.com.

Saat ini, lanjut Mahmud, pada 2016 melanjutkan plengsengan tambang perahu yang panjangnya sekitar beberapa ratus meter. Pengerjaan sudah dilakukan sejak bulan tiga lalu.

"Terkait pelaksanaan teknis bukan kewenangan pihak kecamatan, sebab ini (tanggul bengawan) merupakan proyek Pemerintah Pusat. Namun, saat pengerjaan dimulai ada pemberitahuan terkebih dahulu," kata Mahmud menambahkan. [dwi/col]