Tekat yang Kuat dan Kejujuran Adalah Kunci Kesuksesan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Terlahir dari keluarga yang sederhana dan mempunyai tekad yang kuat untuk mengabdikan diri kepada negara, membuat Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Montong, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sidik Hari Bowo SH.M.Hum harus banyak melewati rintangan saat menjalankan tugas.

Dirintis mulai dari nol, berkat tekad yang kuat, Kapolsek kelahiran 10 Mei 1959 tersebut mempunyai banyak cerita tentang perjalanan dan perjuangannya  menjadi anggota kepolisian.

Pria yang terlahir dari pasangan Yasin Sunaryo dan Dasimah ini memulai karir kepolisianya dari Sekolah Calon Tamtama (Secata) pada tahun 1977-1978 di Watu Kosek, setelah itu Sekolah Calon Bintara (Secaba) pada tahun 1984-1985 di Watu Kosek dan Sekolah Calon Perwira (Secapa) pada tahun 1996-1997 di Kabupaten Sukabumi.

Dengan kegigihannya di kepolisian, suami dari Suti Pangestuti ini ditunjuk menjadi Kapolsek pertama kali pada tahun 1998 di Kecamatan Senori.

Dalam perjalanan karirnya di Kapolsek Montong, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sidik Hari Bowo mempunyai Visi dan Misi yang dipegang teguh, yakni membuat masyarakat aman dan nyaman serta menegakkan supermasi hukum.

"Membuat masyarakat aman dan nyaman serta menegakkan supermasi hukum itu yang utama," Tegas kepada blokTuban.com, Rabu (24/2/2016).

Setelah sekian lama menjadi anggota kepolisian, banyak cerita yang dibeberkan Kapolsek kepada blokTuban.com, seperti saat masih menjadi Kanit Reskrim Kerek, pernah mengungkap perampokan sarang burung di goa Kecamatan Kerek.

"Saat masih menjadi Kanit Reskrim di Polsek Kerek, saya pernah mengungkap perampokan sarang burung di goa yang berada di Kecamatan Kerek, yang anggotanya hingga 6 orang," cerita Kapolsek Montong.

Selain itu masih banyak cerita yang lain, seperti pernah mengungkap pembunuh bayaran di Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak saat tugas di Polsek Merakurak. "Pada saat itu saya ikut menangkap tersangka pembunuh bayaran," ungkapnya.

Dalam bertugas di Kapolsek Montong, ia mempunyai prinsip 'Kejujuran', dengan prinsip inilah yang membuat Sidik Hari Bowo bisa merangkul masyarakat luas, dan juga dengan pendekatan realita.

Pesan yang disampaikan kepada masyarakat Kecamatan Montong, khususnya para pemudanya, AKP Sidik Hari Bowo memberikan pesan 'Hargailah waktu dan selalu bekerja keras'. [hud/rom]

Biografi Singkat Kapolsek Montong
Nama   : Sidik Hari Bowo SH.M.Hum
TTL      : Bojonegoro 10 Mei 1959
Istri     : Suti Pangastuti
TTL      : Lasem 2 September 1961
Alamat : Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Karir Kepolisian
- Kapolsek Senori (1998-2000)
- Kapolsek Kerek (2000-2004)
- Kapolsek Kenduruan (2004-2006)
- Kapolsek Jatirogo (2006-2008)
- Kapolsek Senori (2008-2009)
- Kapolsek Grabagan (2009-2015)
- Kapolsek Montong (2015-sekarang).