Surut, Warga Magersari Ramai Cari Ikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pasca surutnya banjir sungai avur atau pembuangan yang melintas di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, dimanfaatkan oleh warga untuk menangkap ikan. Oleh sebab itu, tampak puluhan warga Dusun Geger, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, berbondong-bondong mencari ikan.

Diketahui, selama ini kegiatan menangkap ikan sudah ada sejak dulu. Memancing ikan setelah air surut pasca banjir, menjadi promadona atau bahkan ciri khas warga setempat.

"Warga menyebutnya Njala Iwak (menjala ikan) yang dilemparkan ke sungai. Kalau memancing dapatnya sedikit. Kegiatan ini dapat dikatan sudah ada sejak zaman kemerdekaan dulu," kata Kepala Desa Magersari, Mohamad Widardi, kepada blokTuban.com, Minggu (28/2/2016).

Lokasi yang dipilih untuk menangkap ikan bersebelahan dengan jembatan penghubung antar desa. Bisa dipastikan, setelah banjir, warga setempat memenuhi bibir sungai guna mendapat lokasi favorit memancing ikan.

Selain menangkap menggunakan jala, sebagian besar warga memilih menggunakan pancing. Bukan untuk mencari rupiah, namun warga ingin menambah lauk di rumah dari ikan sungai. Walau bisa dibeli di pasar, ikan yang dicari sendiri rasanya lebih nikmat.

"Kita meyebutnya seni, kalau murni mencari ikan untuk dijual yang jarang yang kesini," sambungnya. [dwi/mad]