Libur Natal, Jalan Panglima Sudirman Jadi Pasar Ikan Panggang

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Libur panjang akhir tahun ini membuat sebagian masyarakat mengisinya dengan cara liburan di tempat-tempat yang membuat otak menjadi segar seperti di pantai. Namun berbeda dengan warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, mereka lebih memilih menggunakan waktu liburan untuk berjualan ikan panggang di Jalan Panglima Sudirman Tuban.

Seorang warga penjual ikan, Ina mengatakan, kegiatan menjual ikan panggang ini biasa dilakukan pada saat menjelang libur panjang Natal dan tahun baru. Karena, hal ini dirasa lebih efektif bagi warga Karangsari dengan wilayah laut yang dimiliki dan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan.

"Saya menjual ikan panggang tongkol sekitar 50 kilogram Setiap harinya, untuk pembeli biasanya adalah orang-orang luar kota yang sedang berlibur di Tuban ataupun tepat pada saat melintasi Jalan Panglima Sudirman ini. Untuk harga ikan tongkol ini dijual dengan harga Rp25.000 per ekornya" imbuhnya kepada blokTuban.com
I
Penjual ikan lainnya Suwari menuturkan hal yang sama, setiap hari dia menjual ikan panggang di Jalan Sudirman dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Ikan panggang yang dijual variatif ada jenis tongkol, ikan pari dan juga ikan Kakap, untuk setiap jenis ikan yang dijual biasanya masing-masing sebanyak 10 kilogram setiap harinya.

"Biasanya kalau ikan habis lebih cepat bisa langsung pulang, namun jika ikan panggang masih banyak maka akan singgah di Jalan Panglima Sudirman lebih lama, sekitar pukul 18.00 WIB baru pulang," ujar Suwari.

Diketahui bahwa pasar ikan panggang Jalan Panglima Sudirman ini dimulai dari titik Gerdu laut paling timur atau tepatnya depan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tuban Kota sampai Pasar Ikan Karangsari. [nok/col]