Libur Panjang, Pengiriman Paket Meningkat

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjelang libur natal dan tahun baru 2016 sejumlah perusahaan penyedia jasa pengiriman paket kebanjiran orderan.

Menurut keterangan Asissten Manager Pelayanan PT Kantor Pos Indonesia Cabang Tuban, Maya Sukma mengatakan, peningkatan jumlah pengiriman paket mencapai 50 persen menjelang natal dan tahun baru dibanding hari biasa.

"Dalam satu hari, lebih dari 100 transaksi pengiriman," terang Maya, sapaan akrabnya.

Peningkatan pengiriman paket, imbuh Maya, lebih signifikan lagi pada saat menjelang lebaran. Mayoritas agama yang diyakini masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat tinggi rendahnya jasa pengiriman paket. Peningkatan pengiriman paket juga terjadi di perusahaan jasa pengiriman express lain.  Seperti pada PT Karya Gaya Pusaka cabang Tuban, juga mengalami peningkatan.

"Peningkatan pengguna jasa pengiriman di persuahaan kami sekitar lima hingga sepuluh persen," terang koordinator PT Karya Gaya Pusaka Cabang Tuban, Ahmad Arifin.

Arifin menambahkan, setiap satu hari sekitar 80-90 tindakan pengiriman maupun penerimaan dilakukan. Customer lebih didominasi oleh instansi pemerintah untuk mengirim dokumen. Untuk tarif pengiriman paket ditentukan oleh barat dan tujuan pengiriman. Sedangkan lama pengiriman, setiap perusahaan jasa pengiriman memiliki tingkatan sendiri yang ditawarkan pada konsumen. [dwi/mu]