Kualitas Tembakau Tuban Sangat Baik

Reporter: Ahmad Syahid

blokTuban.com - Musim kemarau panjang menjadi penilaian tersendiri bagi petani tembakau. Perihal, mereka memandang ini sebagai peluang bercocok tanam lagi dengan menanam tembakau. Hamparan mata memandang, sawah-sawah di Tuban bagian selatan ditanami tembakau. Dedaunan yang hijau dan lebat, menambah keasrian sawah meskipun cuaca sangat panas. Bau khas yang menyengat pun menjadi kesegaran tersendiri bagi kaum adam khususnya.

Ratusan hektar sawah yang membentang, mulai wilayah Kecamatan Singgahan sebelah selatan, Parengan dan Senori menjadikan Kabupaten Tuban sebagai penghasil tembakau yang berkomiditi tinggi. Sebab banyak pembeli yang berdatangan dari berbagai daerah, terutama dari Kudus, Jogjakarta, Pati, Bojonegoro hingga Jombang dan Kediri.

Banyak yang menilai bahwa tembakau yang dihasilkan petani di Tuban cukup menarik pasar. Selain kualitas daun yang lembab dan tebal, juga rasa yang khas menjadi citarasa komposisi berbagai rokok yang beredar di wilayah-wilayah.

Salah satu pembeli dari Jogjakarta, Andrianto mengatakan, setiap tahun datang ke Tuban untuk mencari dan membeli tembakau. Bahkan, dia rela meminjami petani tembakau uang sebagai modal. Sehingga petani bisa menanam dan pihaknya bisa mengolah dan mendistribusikanya ke perusahaan-perusahaan rokok.
 
"Hampir setiap tahun, kami membeli tembakau di Tuban," ujarnya.
 
Andrianto menambahkan, dari pantauan pembeli, kali ini kualitas tembakau yang dihasilkan sangat bagus. Meskipun harga beli dari pabrik menurun, masih banyak pembeli yang berdatangan ke petani tembakau langsung. Karena untuk persediaan musim penghujan ke depannya.

Pembeli dari Jombang, Sukarno mengatakan bahwa pihaknya lebih suka tembakau petani Tuban. Sebab kualitas rasa dan kesehatan tanaman sudah teruji. "Daun yang lebat, lembab, hijau dan tidak dimakan ulat inilah yang dicari pabrik-pabrik rokok yang terkenal," jawabnya saat ditemui blokTuban.com di area lahan tembakau. [hid/ito]