Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Tradisi Bulan Suro, Begini Ritual Jamas Pusaka di Tuban

blokTuban.com – Memasuki bulan Muharram atau orang Jawa biasa menyebutnya bulan Suro merupakan waktu yang identik dengan tradisi memandikan barang pusak. Hal ini bertujuan agar pusaka yang dimiliki awet dan tidak rusak termakan usia.

12 Amalan di Bulan Muharram Sesuai Anjuran Ulama

ulan Muharram adalah salah satu dari bulan suci atau dimuliakan dalam Islam. Bagi umat Islam, Muharram menjadi momentum yang penting dan mulia karena menjadi pembuka tahun baru dalam Islam

Niat Puasa Sunnah Tasu'a dan Asyura, Arab dan Keutamaannya

Sebentar lagi akan ada pergatian bulan menuju bulan Muharram atau dalam kalender Jawa disebut Syura, bulan yang disebut penuh berkah dan dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan sesuai syariat yaitu puasa tasu'a dan asyura.

Bagaimanakah Ciri Haji Mabrur? Apa Saja Tanda-Tandanya?

Melaksanakan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu. Sedangkan haji mabrur menurut istilah syar’i, ialah haji yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, dengan memperhatikan berbagai syarat, rukun, dan wajib, serta menghindari hal-hal yang dilarang (muharramat) dengan penuh konsentrasi dan penghayatan semata-mata atas dorongan iman dan mengharap ridha Allah SWT.