Gedung Pameran dan Toilet Umum Akan Dibangun di Alun-Alun Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - DPRD Kabupaten Tuban mengadakan rapat kerja mengenai proyek revitalisasi Alun-Alun Tuban pada Kamis (04/07). Rapat ini berlangsung di Ruang Rapat Komisi I DPRD Tuban dan dihadiri oleh Ketua serta Anggota Komisi I, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP), dan pihak terkait proyek tersebut.

Ketua Komisi I DPRD Tuban, Fahmi Fikroni, yang memimpin rapat, meminta agar proyek revitalisasi Alun-Alun Tuban selesai tepat waktu sesuai target yang ditetapkan. Fahmi Fikroni menekankan pentingnya mematuhi jadwal pengerjaan agar tidak terjadi keterlambatan proyek.

"Hari ini kami memanggil Dinas PUPR-PRKP dan pihak rekanan yang mengerjakan revitalisasi Alun-Alun. Kami meminta agar pengerjaan selesai sesuai target," ujar Fahmi Fikroni dalam keterangan tertulisnya.

Mukaffi Makki, Anggota Komisi I, juga menekankan pentingnya kerjasama antara pihak rekanan dan Dinas PUPR-PRKP, mengingat Alun-Alun adalah ikon Tuban yang menjadi tempat mata pencaharian masyarakat.

"Kita juga harus memikirkan para PKL yang mencari rezeki di sana," kata Gus Kaffi, sapaan akrab Mukaffi Makki.

Gus Kaffi juga menekankan agar proyek revitalisasi Alun-Alun diperhatikan dengan baik untuk menghindari keterlambatan dan jika ada kendala, segera dikomunikasikan untuk mencari solusi.

Winda Sulistyowati, Kepala Bidang Tata Ruang, Pertanahan, dan Jasa Konstruksi Dinas PUPR-PRKP Kabupaten Tuban, menjelaskan bahwa revitalisasi Alun-Alun merupakan bagian dari proyek integrasi pariwisata di Kabupaten Tuban, termasuk wisata Pantai Boom, Taman Kota, hingga Tuban Abirama.

"Alun-Alun juga dianggap sangat representatif sehingga perlu menjadikan ruang publik tersebut lebih nyaman dan menjadi destinasi utama," jelas Winda.

Revitalisasi ini meliputi rehabilitasi trotoar dan penataan area jalan sebelah utara, yang sudah memasuki minggu keenam dari 36 minggu pengerjaan, termasuk pembongkaran, pemetaan aliran air, dan jaringan listrik.

"Nantinya juga akan dibangun gedung area pameran dengan fasilitas gudang penyimpanan serta toilet umum," lanjut Winda.

Ahmad, perwakilan rekanan revitalisasi Alun-Alun Tuban, menyatakan bahwa hingga saat ini proyek berjalan lancar dan sesuai rencana.

"Alhamdulillah, tidak ada kendala dan sampai saat ini berjalan sesuai rencana," pungkasnya. [Dwi/Ali]