Kreativitas Kuliner di Tuban: Menu B2SA dan Olahan Ikan Jadi Andalan

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta Lomba Cipta Menu Serba Ikan pada Rabu, 3 Juli 2024. 

Acara tersebut diselenggarakan di Pendapa Kridha Manunggal Tuban dan diikuti oleh 20 tim perwakilan kecamatan dari PKK se-Kabupaten Tuban.

Para peserta menampilkan kreasi makanan B2SA dan berbagai olahan ikan, seperti sate lilit ikan tenggiri, bola tenggiri, abon ikan, dan minuman herbal. 

Penilaian dilakukan oleh juri yang terdiri dari chef profesional, ahli gizi Dinkes P2KB, pengusaha katering, dan guru tata boga SMKN 2 Tuban.

Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA adalah tim Kecamatan Rengel sebagai juara pertama, tim Kecamatan Plumpang sebagai juara kedua, dan tim Kecamatan Montong sebagai juara ketiga. 

Untuk Lomba Cipta Menu Serba Ikan, juara pertama diraih oleh tim Kecamatan Singgahan, juara kedua oleh tim Kecamatan Palang, dan juara ketiga oleh tim Kecamatan Bancar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap para peserta menyosialisasikan menu yang telah diciptakan ke lingkungan masing-masing. 

Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang olahan makanan yang memenuhi syarat B2SA dan mendukung optimalisasi sektor perikanan di Kabupaten Tuban.

Menurut Sekda, kampanye makanan B2SA dan olahan ikan dapat mendukung upaya percepatan penurunan stunting. 

Makanan bergizi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan anak-anak di Kabupaten Tuban. 

Dia juga menyarankan agar dibuat menu yang simpel, murah, dan mudah ditiru oleh setiap keluarga.

Sekda Budi Wiyana memberikan apresiasi atas kolaborasi berbagai organisasi perempuan yang turut memeriahkan kegiatan ini, termasuk Dharma Wanita Persatuan, PKK, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Muslimat NU, Aisyiyah, dan Gabungan Organisasi Wanita. 

Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat langkah Pemkab Tuban dalam menurunkan stunting di Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Kepala DKP2P Kabupaten Tuban, Eko Julianto, menyebutkan bahwa lomba ini bertujuan memotivasi ibu-ibu dan masyarakat Kabupaten Tuban untuk berkreasi dengan olahan makanan bergizi berbahan dasar ikan. 

Lomba ini juga mendukung program percepatan penurunan stunting yang tengah digalakkan oleh Pemkab Tuban.

Eko Julianto berharap optimalisasi potensi perikanan Kabupaten Tuban dapat melahirkan UMKM baru dan mendukung upaya ketahanan pangan yang terintegrasi dengan optimalisasi potensi laut di Kabupaten Tuban. [Dwi/Ali]