Catat Jadwal Puasa Sunnah Zulhijjah Tarwiyah dan Arafah 2024

 

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Selama bulan Zulhijjah, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan melewati Hari Raya Idul Adha. Pada bulan setiap muslim dianjurkan melaksanakan ibadah puasa sunnah

Puasa sunnah selama Zulhijjah dapat dikerjakan dari awal bulan yakni tanggal 1 hingga 9 Zulhijjah. Dalam penanggalan Hijriah, puasa sunnah pada tanggal 8 dan 9 disebut sebagai puasa tarwiyah dan arafah.

Untuk mengatahui detailnya kapan puasa sunnah selama bulan Zulhijjah 1445 H/ 2024 M dapat disimak berikut ini.

Berdasarkan kalender yang diunggah Bimas Islam, hari pertama Zulhijjah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Melihat penanggalan tersebut, puasa awal Zulhijjah dapat dilakukan pada 8 Juni 2024, sedangkan puasa tarwiyah 8 Zulhijjah bisa dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2024. Sementara, puasa arafah 9 Zulhijjah pada 16 Juni 2024 dan Idul Adha jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Puasa tarwiyah merupakan awal dari rangkaian ibadah haji. Para jemaah mulai mempersiapkan diri untuk melaksanakan wukuf di Arafah. Sementara umat Islam lainnya yang tidak berhaji dapat menjalankan ibadah puasa tarwiyah.

Hukum pelaksanaan puasa tarwiyah adalah sunah. Kesunahannya secara khusus dijelaskan Imam Syafi'i. Selain itu,j dianjurkan juga untuk berpuasa delapan hari pertama bulan Zulhijah dan dilanjutkan puasa arafah.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS