Petani Tuban Dapat Target Luas Tanam Baru dari Kementan

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Sebanyak 40 unit traktor roda 4 dan 15 pompa air ukuran 4 inci diserahkan kepada Kelompok Petani (Poktan) dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban pada hari Jumat (31/05).

Penyerahan alat mesin pertanian (Alsintan) ini dilakukan oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, bersama Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Dicky Purwanto di Pendapa Kridha Manunggal.

Sekda Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Kepala DKP2P Tuban, Eko Julianto, serta Camat dan Danramil dan penyuluh pertanian juga turut hadir dalam acara tersebut.

Setelah penyerahan alsintan, petani di Kabupaten Tuban mendapat target dari Kementerian Pertanian untuk memperluas lahan tanam padi hingga 3.800 hektar.

Bupati Tuban berharap para petani tidak pesimis dalam memenuhi target tersebut. Ia menekankan bahwa target yang ditetapkan harus menjadi motivasi untuk bekerja dengan giat dan ikhlas.

“Harapannya, di tahun 2024 ini Kabupaten Tuban menjadi lumbung pangan nasional,” ujar Bupati Lindra.

Penyerahan alsintan kepada Poktan bertujuan untuk mengoptimalkan potensi pertanian dan meningkatkan nilai tambah petani dengan mengurangi biaya operasional.

Langkah ini diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan hasil pertanian di tengah penurunan lahan pertanian nasional dan ancaman perubahan iklim.

Sementara itu, Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Dicky Purwanto meminta agar bantuan tersebut dijaga dan dimanfaatkan dengan baik agar seluruh anggota poktan merasakan manfaatnya.

Dengan adanya alsintan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani. 

“Setelah adanya bantuan alsintan ini, diharapkan produksi pertanian bisa meningkat hingga 3 kali dalam setahun,” ujarnya.