Mulai 1 Juni, Kendaraan Roda Empat Dilarang Ke Timur di Jalan Sunan Kalijaga Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban akan memberlakukan Jalan Sunan Kalijaga menjadi satu jalur pada malam hari mulai 1 Juni 2024. 

Keputusan ini diambil karena banyak keluhan masyarakat mengenai kemacetan yang sering terjadi di jalan tersebut, terutama pada malam minggu. 

Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tuban telah menyetujui kebijakan ini.

Kepala DLHP Kabupaten Tuban, Bambang Irawan, menyatakan bahwa uji coba akan dilakukan mulai awal Juni, dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. 

"Uji coba satu jalur dimulai tanggal 1 Juni dari jam enam hingga sebelas malam, dan akan dilakukan setiap hari," ujar Bambang pada Kamis, 30 Mei 2024.

Dalam uji coba ini, kendaraan roda empat dari simpang empat Patung Letda Sutcipto tidak diizinkan menuju timur, sementara kendaraan roda dua masih diperbolehkan. 

DLHP Tuban akan bekerja sama dengan Satlantas untuk menyiagakan petugas di jalan tersebut.

Setelah uji coba, akan dilakukan evaluasi untuk menentukan apakah pemberlakuan satu jalur akan diterapkan setiap hari atau hanya pada malam minggu. 

"Uji coba ini akan dievaluasi untuk memutuskan apakah satu jalur hanya diterapkan pada malam minggu atau setiap hari," kata Bambang. [Dwi/Ali]