Jemaah Haji Tuban dalam Kondisi Sehat, Hanya Flu Ringan, Sobirin Sembuh dari Klinik

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Semua jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Tuban dalam kondisi sehat, seperti yang disampaikan oleh Laidia Maryati, Pembimbing Ibadah Haji Kloter 14 Sub Kabupaten Tuban dalam keterangan resminya. 

Ida, panggilan akrabnya, melaporkan bahwa semua JCH asal Tuban dalam kondisi stabil dan bisa beribadah dengan lancar. Banyak jemaah yang menghabiskan waktu di Masjidil Haram. 

"Jamaah yang sakit rata-rata flu," Jelasnya, Kamis (30/5/2024). 

Meskipun ada yang dirawat di rumah sakit, kondisi mereka terus membaik. Satu jamaah asal Soko Kloter 14 telah mendapat obat dan dirawat semalam di KKHI," katanya. 

Ia menegaskan bahwa kondisi ini juga didukung oleh petugas kesehatan yang selalu siap melakukan pemeriksaan terhadap seluruh jemaah.

Setiap pagi tim yang terdiri dari ketua kloter, PIHK, dan tim kesehatan yang dipimpin oleh dr. Galang Fajar Utomo bersama perawat Dian Purwaningsih dan Yusniarti, rutin melakukan kunjungan ke seluruh jemaah. 

"Tiap hari diperiksa satu-satu di kamar masing-masing, terutama untuk lansia," kata Ida.

Ia juga mengatakan bahwa transportasi memadai, sehingga memudahkan mobilitas jemaah. Meskipun begitu, Ida mengingatkan jemaah agar menggunakan alat pelindung seperti payung atau topi lebar saat pergi ke Masjidil Haram atau ke luar hotel untuk menghindari terik matahari. 

"Beribadah wajib, tapi tetap memperhatikan kondisi diri, jangan terlalu memaksakan diri," pesannya. [Dwi/Ali]