Empat Pemain Timnas Indonesia Absen di Latihan Perdana

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Timnas Indonesia telah memulai latihan perdana sebagai persiapan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni dalam lanjutan laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Selain itu, skuad Garuda akan menjalani laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya, Jakarta, pada Minggu, 2 Juni.

Latihan perdana dilakukan di Lapangan A dan B Senayan, Jakarta, pada Selasa, 28 Mei, dengan diikuti 18 pemain. 

Empat pemain yang belum hadir dalam latihan tersebut adalah Pratama Arhan (Suwon FC), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Justin Hubner (Cerezo Osaka), dan Jay Idzes (Venezia).

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyatakan bahwa para pemain timnas sudah berkumpul sejak kemarin, dan beberapa di antaranya datang pada malam hari. 

"Ini adalah latihan pertama kami, sebelumnya kami juga melakukan latihan inti di hotel siang tadi," ujarnya dikutip dalam siaran resminya, Rabu (29/5/2024). 

Arhan belum bisa bergabung karena sedang menunggu keputusan terkait sanksi kartu merah yang diterimanya pada pertandingan terakhir di K-League.

"Jika tidak ada sanksi, dia bisa berangkat dari Korea Selatan besok atau lusa. Jordi Amat akan bergabung pada 31 Mei," tambah Shin.

Jay Idzes, bek Venezia, belum bergabung karena masih harus mengikuti final play-off promosi ke Serie-A Italia melawan Cremonese pada 31 Mei dan 3 Juni.

"Pada pertandingan lawan Irak 6 Juni, Jay tidak bisa bertanding karena dia akan tiba di Indonesia pada 5 Juni. Justin Hubner akan datang setelah pertandingan di J-League pada 2 Juni," jelas pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong juga menyatakan bahwa pertandingan melawan Tanzania bertujuan untuk mengevaluasi kondisi para pemain setelah kompetisi bersama klub masing-masing. 

"Banyak pemain yang berlibur setelah kompetisi di liga Eropa dan Indonesia, sehingga performa mereka menurun. Maka dari itu, pertandingan melawan Tanzania dipilih untuk mengecek kondisi mereka," kata Shin. [Dwi/Ali]