Sembilan Atlet Tarung Derajat Jatim Lolos Seleksi PON 2024

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, para atlet Tarung Derajat menjalani seleksi ketat. 

Seleksi ini dipantau langsung oleh Ketua Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jawa Timur, Bambang Haryo Soekartono, Ketua Harian Kodrat, Erwin H Pudjono, dan Pelatih Kepala, M Muksin.

Bambang Haryo menyatakan kepuasannya setelah melihat seleksi ketiga yang berlangsung di GOR KONI Jatim pada Jumat, 24 Mei 2024.

"Semoga para atlet yang lolos seleksi akan terus berlatih dengan semangat tinggi, sehingga Jatim bisa meraih juara tiga nasional dan menargetkan empat medali emas di PON mendatang," katanya dikutip dari situs Kini Jatim, Senin (27/5/2024). 

Dari tiga tahapan seleksi, sembilan atlet dinyatakan lolos, terdiri dari lima atlet putra dan empat atlet putri. Atlet putra yang lolos adalah Satriawan D (49,1 – 52 kg), M. Ikhbar Nur (52,1 – 55 kg), Aryo Pandu P (55,1 – 58 kg), Tangguh S (61,1 – 64 kg), dan Devas Linsiana (70,1 – 75 kg). 

Sementara atlet putri yang lolos adalah Nur Azizah (50,1 – 54 kg), Aulia Nurdini (54,1 – 58 kg), Vina Indah P (58,1 – 62 kg), dan Syafira Nur I (62,1 – 66 kg).

Erwin H Pudjono menambahkan bahwa ada 15 petarung yang bersaing dalam seleksi ini untuk tujuh kelas dari sembilan kelas yang lolos di Pra-PON sebelumnya. 

"Semoga target PON bisa tercapai dan kuota Puslatda untuk atlet Tarung Derajat bertambah," katanya. 

Erwin juga menegaskan bahwa tim Tarung Derajat Jatim akan dipersiapkan dengan baik untuk PON XXI di Aceh, termasuk memperkuat mental atlet dengan try out ke Jawa Tengah pada 20 – 21 Juni 2024. 

Selain itu, Muksin menyebutkan adanya rencana latih tanding dengan tim dari Bali atau Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memiliki petarung handal di kelas berat. 

Harapannya, KONI Jatim bisa mendukung Kodrat Jatim di event nasional empat tahunan yang akan digelar pada September mendatang. [Dwi/Ali]