Nany Afrida dan Bayu Wardhana Pimpin AJI 2024-2027

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pasangan jurnalis Nany Afrida dan Bayu Wardhana telah terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk periode 2024-2027. 

Pemilihan dilakukan melalui Pemilu AJI 2024 yang merupakan bagian dari Kongres XII AJI di Palembang pada 3-5 Mei 2024.  

Dalam pemilihan tersebut, pasangan nomor urut 1 meraih elektoral tertinggi dengan 90 elektoral, mengungguli tiga pasangan lainnya. 

Pasangan nomor urut 2, Aloysius Budi Kurniawan dan Iman Dwi Nugroho, mendapatkan 42 elektoral; pasangan nomor urut 3, Ika Ningtyas dan Laban Abraham Laisila, 48 elektoral; dan pasangan nomor urut 4, Edy Can dan Asep Saefullah, 37 elektoral.

Pemilihan dilakukan secara daring melalui laman pemiluaji.or.id, memungkinkan seluruh anggota AJI menyalurkan pilihan mereka secara langsung. 

Dari total 1.568 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), 1.213 anggota AJI telah menggunakan hak pilihnya.

Penentuan pemenang dilakukan dengan sistem elektoral, di mana terdapat 217 elektoral yang diperebutkan dari 39 AJI Kota di seluruh Indonesia. 

Sistem ini merupakan bagian dari praktik proporsionalitas suara dalam Kongres AJI sejak tahun 2001.

Ketua Panitia Pemilu AJI, Yoso Muliawan, menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama setiap anggota AJI bisa secara langsung memilih.

"Dengan penentuan pemenang bukan berdasarkan suara terbanyak, melainkan mengkonversi suara pemilih menjadi perolehan elektoral di setiap AJI Kota," katanya. 

Nany Afrida dan Bayu Wardhana menggantikan Sasmito Madrim dan Ika Ningtyas sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal AJI periode sebelumnya. 

Kongres XII AJI, dengan tema "Melindungi Kebebasan Pers Demi Keadilan Iklim dan Demokrasi", dihadiri sekitar 300 anggota AJI dari seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai kongres dapat ditemukan di www.kongres12aji.com. [Dwi/Ali]