Cara Praktis Membuat Kue Nastar, Pemula Wajib Mencoba!

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada saat Hari Raya Idul Fitri 1445 H tiba, banyak kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat. Selain bersilaturahmi dengan tetangga dan sana saudara, pada momen lebaran juga banyak makanan yang disuguhkan. 

Salah satu makanan yang tak bisa dipisahkan dari suguhan di hari raya ialah kue nastar. Pada umumnya, kue ini berisi selai nanas. 

Namun semakin berkembangnya zaman, banyak masyarakat yang menvariasikan isian dengan berbagai rasa, seperti keju, anggur, hingga strawberry. 

Selain rasanya yang lebih bervariasi, banyaknya varian rasa dari kue nastar juga menambah nikmat pemakannya. Namun, tak banyak pedagang yang menjual kue nastar dengan banyak varian. Sehingga, banyak masyarakat yang memilih untuk membuatnya sendiri di rumah.

Salah seorang ibu rumah tangga di Kecamatan Plumpang, Wiwik membagikan cara membuat kue nastar dengan mudah dan simpel dengan beberapa bahan. Diantaranya seperti tepung terigu, susu bubuk full cream, gula halus, margarin, butter, vanilla extract, keju parut, dan juga telur. 

"Pertama kocok margarin, butter atau mentega, gula, telur menggunakan mixer kurang lebih selama 1 menit sampai semua bahan tercampur menjadi adonan," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (31/3/2024). 

Setelah itu, masukkan tepung terigu dan susu bubuk lalu aduk kembali. Jika sudah menemukan tekstur yang pas, maka ambil sedikit demi sedikit adonan dan bentuk bulat kemudian isi dengan selai sesuai dengan selera, seperti selai nanas, strawberry, blueberry, coklat ataupun keju. 

Jika sudah terbentuk bulat, taruh nastar ke dalam loyang satu persatu, dan kemudian masukkan ke dalam oven untuk dipanggang dengan suhu kurang lebih 140 derajat Celcius. 

"Panggang dalam oven selama 30 menit, kemudian setelah dikeluarkan, olesi permukaannya dengan campuran kuning telur, minyak goreng, dan susu kental manis yang telah diaduk merata. Kalau mau hasilnya maksimal, biasanya saya olesi sebanyak 3 kali," bebernya. 

Selanjutnya, apabila olesan ketiga sudah set, maka masukkan kembali ke dalam oven sebentar, dengan suhu 100 derajat Celcius selama 10 menit saja. 

Setelah dikeluarkan dari oven, tunggu kue nastar dingin terlebih dahulu, barulah siap untuk dipacking ke dalam toples untuk disuguhkan di hari raya nanti. [Sav/Ali]