Resep Rahasia Bubur Muhdor Tuban yang Bikin Penasaran

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Saat bulan Ramadan tiba, terdapat salah satu makanan yang menjadi primadona masyarakat di wilayah Kabupaten Tuban, yaitu Bubur Muhdor. 

Bubur Muhdor sendiri merupakan bubur yang terbuat dari beras dengan campuran bumbu dari Timur Tengah, yang hanya ada di bulan Ramadan saja. 

Biasanya, bubur ini dibagikan secara gratis di halaman Masjid Muhdor, yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. 

Remaja Masjid setempat, Alwi Ba'agil mengatakan jika resep dan porsi dari bubur tersebut selalu berkembang setiap tahunnya, seiring dengan bertambahnya peminat, Minggu (17/3/2024). 

"Untuk resep-resepnya sendiri ini berkembang, beras yang awalnya dulu 10 kilogram kemudian berkembang sampai 30 kilogram, karena peminatnya semakin banyak lagi," jelasnya. 

Bukan hanya berasnya saja, daging kambing yang dicampurkan ke bubur tersebut juga semakin banyak. Yang awalnya hanya 10 kilogram, kini bertambah menjadi 15 kilogram. 

Menurutnya, dalam pembuatan bubur Muhdor ini terdapat resep atau bumbu khusus, sehingga rasanya tidak bisa ditemukan dimanapun selain bulan Ramadan. Itulah sebabnya, peminat dari bubur ini sangat membludak. 

Selain bumbu khusus asal Timur Tengah, terdapat campuran bumbu khusus yang bisa didapatkan dari Indonesia, seperti bawang merah, bawang putih, kayu manis, serai, daging kambing dan juga beras. 

"Proses pembuatannya dimulai setelah dhuhur sampai sebelum ashar, kurang lebih prosesnya 2,5 jam," bebernya.

Sekedar diketahui, selama bulan Ramadan bubur ini selalu dibagikan setiap hari secara gratis, sekira pukul 16.00 Wib. Dari 30 kilogram beras yang dibuat, bisa untuk 100 porsi. [Sav/Ali]