Resep Es Cendol Thailand Pelepas Dahaga Saat Cuaca Terik

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Es cendol Thailand memang segar dan nikmat, terutama saat dinikmati di cuaca yang panas terik. Es cendol adalah minuman dingin yang terbuat dari santan, gula merah, dan tepung beras hijau yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. 

Versi Thailand dari es cendol mungkin memiliki sedikit variasi dalam rasa dan tekstur, tergantung pada bahan-bahan dan resep yang digunakan. Namun, secara umum, es cendol Thailand juga memiliki rasa yang menyegarkan dan tekstur yang lembut dan kenyal. 

Kombinasi antara manisnya gula merah, kentalnya santan, dan sensasi dingin dari es membuat es cendol Thailand menjadi pilihan minuman yang populer bagi banyak orang, terutama di musim panas.

Biasanya, es cendol disajikan dengan es serut dan disiram dengan santan kental serta sirup gula merah. Cek resep es cendol Thailand selengkapnya berikut ini.

Bahan-bahan
6-7 lembar daun pandan, gunting-gunting
400 ml air
50 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka/ aci
1 sdm gula pasir
Bahan Kuah:
1 kelapa muda (air dan daging kelapanya)
4 sdm gula pasir (bisa ditambahkan jika suka manis)
200 ml santan kental
1/4 sdt garam
Daun pandan

Cara Membuat
1. Blender 6-7 lembar daun pandan lalu saring, sisihkan. Campurkan bahan kering (tepung beras, tepung tapioka dan gula) aduk rata.
2. Dalam wajan/ teflon. Campur bahan tepung dan air daun pandan, aduk hingga tercampur rata. Lalu masak di api sedang cenderung kecil hingga air menyusut dan adonan mengental.
3. Diamkan sebentar, lalu tuang ke dalam plastik segitiga. Siapkan wadah yang berisi es batu. 
4. Lalu gunting ujung plastik dan semprotkan/tekan sekitar sebesar biji salak dan bantu lepaskan menggunakan sendok. Lakukan hingga selesai.
5. Membuat kuah: dalam wajan/pan tuang 1 bungkus air kelapa dan dagingnya + santan kental + gula. Masak hingga gula larut. Lalu matikan kompor.
6. Penyajian: dalam mangkok tata cendol secukupnya lalu siram dg kuah.. Jika dirasa kurang manis silahkan tambahkan kental manis. Selamat mencoba.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS