IKA Resmi Dilantik, Warek III Minta Alumni Bantu Wujudkan Unugiri World Class University

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Wakil Rektor (Warek) III Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro, Nurul Huda melantik pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA), Sabtu, (24/02/24) di Auditorium Hasyim Asy'ari Gedung Rektorat Lt. 3.

Pelantikan IKA Unugiri mengusung tema 'Sinergi Alumni Wujudkan Unugiri World Class University (WCU)'.

IKA Unugiri diharapkan mampu mewujudkan UNUGIRI WCU. Sebab, alumni sebagai produk akhir yang dihasilkan perguruan tinggi, keberadaanya berperan penting bagi kualitas dan eksistensi institusi yang meluluskanya tersebut.

"Kita hari ini melakukan banyak percepatan. Pelantikan ini sebagai pijakan untuk berkolaborasi menuju UNUGIRI World Class University," kata Huda.

Huda menilai keberadaan alumni ini sangat penting. Perguruan tinggi sangat bergantung pada alumni, karena dapat memberikan umpan balik.

Pihaknya mencontohkan, ketika kampus sedang membahas program kerja jangka pendek, menengah maupun panjang, para alumni juga harus dilibatkan. Sehingga sinergi antara keduanya terbangun untuk kemajuan kampus.

"Melakukan review akademik juga harus menghadirkan para alumni. Dalam perkembangannya UNUGIRI tetap bagian dari NU,” tegasnya.

Sementara itu, ketua IKA Unugiri, Sutikno mengatakan, pelantikan IKA diklaim sebagai tantangan tersendiri bagi semua pengurus. Karena IKA Unugiri bagian dari instrumen untuk membesarkan dan memperkenalkan kampus di kota Ledre tersebut.

"Ini merupakan alat kita untuk membesarkan dan memperkenalkan Universitas lebih luas. Kita akan memberi kontribusi terhadap Universitas yang kapasitasnya akan Go Internasional ini,” katanya dengan penuh semangat.

Di mata para Alumni, UNUGIRI saat ini sudah besar dan maju. Karena dari tahun ke tahun selalu mengalami perkembangan, baik Sumber Daya Manusianya (SDM), Sarana prasarana dan kemajuan lainnya. 

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh alumni memberikan yang terbaik kapada kampusnya. Sebab Huda yakin, akan dapat berkah dan manfaat ketika itu dilakukan dengan tulus.

“Kita digembleng di Universifas ini selama 4 tahun agar menjadi pribadi yang berintelektual. Saya mengajak IKA Unugiri bisa memberi kontribusi yang baik dan bermanfaat kepada Universitas yang kita cintai,” imbuhnya. 

Di akhir penjelasan, Sutikno menegaskan, meskipun IKA Unugiri ini merupakan organisasi non provit, ia tetap berharap agar semua pengurus selalu mempunyai komitmen. Kenapa?, karena dirinya yakin jika akan menjadi keberkahan tersendiri dan sebagai jalan untuk manaikkan derajat.

“Kita harus selalu yakin bahwa kepengurusan IKA ini akan menjadikan berkah, kita diangkat derajatnya oleh Allah. SWT,” tegasnya.

Dengan sudah terbentuknya IKA, antar alumni diharapkan bisa membangun komunikasi dengan baik. IKA Unugiri bukan sebagai formalitas saja, namun diklaim sebagai bukti nyata demi kemajuan bersama kedepannya.

“Ika UNUGIRI setelah dilantik bukan hanya sebagai pengurus saja, namun saya harapakan pemikiran dan ide cemerlang selalu lahir untuk kemajuan kampus," pungkasnya. [Rof/Ali]