Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp80 Ribu Per Kilogram

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Harga komoditas cabai di Kabupaten Tuban terpantau naik sejak beberapa waktu terakhir ini. Salah satunya di Pasar Baru Tuban yang terletak di Jalan Gajahmada, Tuban. 

Seperti halnya dilapak milik Laila ini misalnya, saat ini harga cabai rawit tembus diangka Rp80 ribu per kilogramnya, Sabtu (24/2/2024).

"Harga cabai rawit naik lagi mbak, sebelumnya harga Rp60 ribu per kilonya, sekarang naik jadi Rp80 ribu, apa-apa naik mbak sekarang nggak ada yang murah," keluhnya. 

Meski begitu, ia tidak tahu pasti apa penyebab melambungnya harga bahan pokok tersebut. Hanya saja, menurutnya hal ini selalu terjadi setiap tahun menjelang bulan Ramadan. 

Selain komoditas cabai rawit, harga cabai lainnya juga terpantau mengalami kenaikan, seperti halnya cabai keriting yang kini dibandrol dengan harga Rp77 ribu dan cabai plompong Rp90 ribu. 

"Naiknya baru-baru ini aja mbak, bawang merah ini juga sekarang Rp30 ribu, tomat 16 ribu," jelasnya. 

Selain itu, ia mengaku jika naiknya harga komoditas bahan pokok di Kabupaten Tuban ini, juga berdampak pada daya beli masyarakat. Pasalnya, pembil cenderung lebih mengurangi pembelian bahan lantaran menunggu harga kembali stabil. 

Sementara salah satu pembeli, Arum mengaku jika kenaikan harga bahan pokok ini sangat berdampak terhadap pengeluaran uang bulanannya. Oleh karena itu, ia memilih untuk membeli kebutuhan dapur lebih sedikit dibandingkan biasanya. 

"Sangat berdampak mbak, karena bumbu dapur tidak bisa dihilangkan, jadi mau tidak mau ya harus tetap beli. Tapi belinya sedikit dikurangi, kalau biasanya beli bawang langsung setengah kilo atau satu kilo, Sekarang cuma seperempat saja," imbuhnya. [Sav/Ali]