Pekerja Buruh di Tuban Beri Nilai Jeblok ke Disnakerin

Reporter     : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban, berikan nilai jeblok kepada Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Tuban, perihal penanganan masalah tenaga kerja. 

Ketua FSPMI Kabupaten Tuban, Duraji mengatakan jika Disnakerin Tuban tidak serius dalam menangani potensi-potensi yang terjadi kepada tenaga kerja. 

"Dinas Ketenagakerjaan tidak serius terkait dengan potensi-potensi yang terjadi di industrial, yang mungkin diabaikan oleh perusahaan-perusahaan itu," katanya, (7/2/2024). 

Oleh karena itu, Duraji memberikan nilai 6 dari 100 kepada kinerja dari Disnakerin Tuban, mengingat lemahnya pengawalan Pemkab dalam ketenagakerjaan. 

Padahal, sektor penyumbang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tuban juga berasal dari industri. Namun, justru nasib buruh seolah diabaikan. 

"Saya pikir Pemkab Tuban terkait ketenagakerjaan ini hanya asal menggugurkan kewajiban saja, seharusnya ada meeting jelas berapa jumlah tenaga kerja, yang belum bekerja, serapan dan bagaimana perlindungan hak terhadap pekerja," jelasnya. 

Bahkan, ia juga menambahkan jika abainya Pemkab Tuban dalam hal ketenagakerjaan tersebut, bisa menjadi pemicu angka kemiskinan di Kabupaten Tuban semakin tinggi. [Sav/Dwi] 

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS