Pelantikan Anggota KPPS di Tuban Serentak Berbarengan Tanam Pohon
Reporter: Savira Wahda Sofyana
 
blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kamis (25/1/2024) resmi melantik seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Tuban. 
 
Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan menjelaskan jika pelantikan anggota KPPS yang dilakukan tersebut, dilakukan secara serentak. 
 
"Pelantikan dilakukan secara serentak sampai pukul 23.58 Wib nanti, setelah semua KPPS dilantik selanjutnya dilakukan Bimtek (Bimbingan Teknis), ke 77 KPPS," ujarnya. 
 
Menurut Fatkul sapaan akrabnya, jika dibandingkan pada saat dengan tahun-tahun sebelumnya yang terkendala Pandemi Covid-19, saat ini seluruh rangkaian pelantikan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. 
 
Selain dilakukan Bimtek, setelah pelantikan anggota KPPS juga melakukan penanaman pohon, sesuai dengan aturan KPU RI untuk menanam pohon secara bersama-sama dan serentak se-Indonesia. 
 
"Untuk penanaman pohon yang dilakukan setelah kegiatan pelantikan, yaitu minimal satu TPS menanam satu pohon," jelasnya. 
 
Meski begitu, pria ramah ini mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing TPS di setiap desa yang ada di Kabupaten Tuban, terkait lokasi dan juga jenis pohon yang akan ditanam. 
 
Senada, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kerek, Irqamna menjelaskan bahwa di Kecamatan Kerek, terdapar 1.464 anggota KPPS yang resmi dilantik hari ini. Disamping itu, Irqam juga merasa sangat lega lantaran seluruh kegiatan berjalan dengan lancar, termasuk aksi penanaman pohon serentak. 
 
Lebih lanjut, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, maka ia berharap nantinya seluruh anggota KPPS dapat menjadi kebersamaan dan kekompakan antar anggota, sehingga gelaran pesta demokrasi dapat berjalan dengan tertib dan aman. 
 
"Seluruh penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat PPK Kerek sampai KPPS siap melaksanakan dan mensukseskan Pemilu mendatang" pungkasnya. [Sav/Dwi]