Bawaslu Tuban Sebut KPU Belum Ada Kesiapan Pelaksanaan Sortir Lipat Surat Suara

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban diduga masih belum ada kesiapan pelaksanaan sortir lipat surat suara. Hal ini disampaikan langsung oleh Abdul Mundlir, Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Tuban pada Jumat (5/1/2023).

Menurut Mundlir dalam pengawasan yang telah dilakukan pada hari pertama ini, pelaksanaan sortir lipat surat suara. KPU Kabupaten Tuban belum ada kesiapan.  

“Untuk pengawasan sortir lipat di hari pertama ini, memang saya lihat belum ada kesiapan dari KPU, karena ada beberapa SOP yang belum dilaksanakan,” ujar Abdul Mundlir. 

baca juga:

Dengan belum dilaksanakannya SOP tersebut, Panwas kemudian menginformasikan dan menghimbau kepada KPU untuk segera melakukan pengecekan terhadap petugas sortir lipat yang akan masuk gudang logistik KPU yang berada di Jalan Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

“Kalau kita melakukan SOP nya sebelum masuk harus di cek satu-persatu. Apakah ada yang membawa alat coblos atau HP sehingga tas harus dikumpulkan, nah proses itu tadi belum dilakukan mungkin karena hari pertama,” imbuhnya. 

Mundlir menambahkan, untuk pengawasan lain yang perlu diantisipasi adalah terkait dengan jumlah pasti sortir lipat ada berapa. Kedua menurutnya, para petugas sortir lipat saat ini belum mendapatkan edukasi yang cukup.

“Harusnya disortir dulu, dibuka dulu dilihat dulu. Apakah ada kerusakan atau tidak kemudian baru dilipat. Saya lihat masih ada yang dilipat-lipat saja,” pungkasnya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS