Inilah Alasan Anies Baswedan Kesulitan Lakukan Landing  di Kabupaten Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Tuban buka suara terkait informasi larangan Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan yang sempat kesulitan lakukan landing helikopter, di Kabupaten Tuban.

Meluruskan hal tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban M. Arifin pada Rabu (3/6/2023) mengatakan, jika dari pengawasan baik itu dari upaya pencegahan dan koordinasi dengan semua pihak termasuk Kapolres Tuban sejauh ini belum ada surat yang masuk terkait dengan jadwal landing. 

“Bahwa ada informasi terkait dengan larangan untuk landing di Kabupaten Tuban. Berdasarkan hasil pengawasan, baik itu dari upaya pencegahan dan koordinasi dengan semua pihak termasuk Kapolres Tuban bahwa, sejauh ini belum ada surat masuk terkait dengan jadwal landing di Kabupaten Tuban dari paslon Anies Muhaimin (Amin),” ujar Arifin. 

Lebih lanjut Arifin menambahkan jika benar pada prinsipnya kalau di instansi Kepolisian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), TNI, Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) semua harus netral. 

Jadwal landing sendiri dirasa penting, sebab ketika ada salah satu pasangan Capres-Cawapres hendak melakukan landing di Tuban. Nantinya akan ada persiapan yang akan dilakukan di lokasi landing. 

Kemudian kalau terdapat sebuah prosedur dari penanggung jawab fasilitas untuk melakukan landing. Maka kalau persyaratannya cukup dan terpenuhi, maka hal tersebut sah-sah saja.

“Prinsipnya adalah memfasilitasi semua pasangan calon, ini memang  benar adalah agenda nasional, bukan agenda partai politik (parpol) tertentu,” imbuhnya. 

Selanjutnya Arifin berujar, bahwa sejauh ini dari koordinasi menurut Kapolres Tuban tidak ada surat yang diturunkan dari Polda Jatim terkait jadwal landing. 

Begitupun di Bawaslu Tuban, juga tidak ada surat yang turun dari Bawaslu Provinsi Jatim berkaitannya dengan jadwal landing paslon Amin di Tuban. 

“Bawaslu Tuban, juga tidak mendapatkan surat yang turun dari Bawaslu Provinsi berkaitannya dengan jadwal landing baik melalui tembusan atau secara lisan,” bebernya.

Selain itu, Bawaslu Tuban juga telah  berkoordinasi dengan pilot bahwa, memang  tidak ada jadwal mendarat di Polres Tuban. [Nur/Dwi]

 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS