Slepet Mafia, Muhaimin akan Hapus BBM Bersubsidi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Berkunjung di Kabupaten Tuban, Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, akan mengubah cara pendistribusian subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). 

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin menilai,  salah satu faktor adanya Kemiskinan adalah tidak adanya BBM. 

“Kemiskinan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena satu faktor tidak adanya BBM,” ujar gus Muhaimin usai acara di Mangrove Center Tuban, Jumat (29/12/2023). 

Untuk itu Muhaimin menilai, saat ini harus ada perubahan yang dilakukan agar ketersediaan BBM tetap tersedia. 

“Perubahan adalah pokoknya apapun jalannya BBM harus tersedia,” imbuhnya. 

Dan strategi yang akan dilakukan Muhaimin jika nanti ia terpilih menjadi Wakil Presiden, yaitu meningkatkan produksi BBM dalam negeri atau membelinya dari negara lain. 

Selain itu nantinya Muhaimin akan merubah skema pendistribusian BBM bersubsidi, agar tidak dikuasai mafia. 

Jika saat ini skema pendistribusian BBM bersubsidi melalui harga BBM, Muhaimin akan mengubah harga BBM dengan harga sama/satu harga (tidak ada subsidi harga). 

“Subsidi diubah. Jika saat ini subsidi melalui harga bbm, kita rubah harga sama agar tidak dikuasai mafia,” ucap Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu. 

Dengan tak adanya subsidi harga BBM, bukan berarti petani akan dibiarkan begitu saja. Muhaimin memberikan solusi dengan cara pemberian uang bagi para petani miskin, untuk menambah biaya beli BBM. 

“Harga sama, tapi petani miskin akan dikasih uang untuk bisa menambah biaya membeli BBM,” pungkasnya. [Nur/Ali]