Pengelola Air Terjun Nglirip dan Pantai Panduri Tuban Tingkatkan Safeti Wisatawan di Libur Nataru

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com -  Pengelola wisata di  Tuban mulai menyiapkan diri untuk menyambut lonjakan wisatawan yang akan datang untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, Minggu (24/12/2023). 

Dua tempat wisata di Tuban yang sudah mulai menyiapkan diri dari adanya lonjakan wisatawan pada momen libur Nataru 2024 yaitu, Wisata Air Terjun Nglirip yang terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Tuban dan Pantai Panduri terletak di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Kepada blokTuban, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Wisata Air Terjun Nglirip, Multazam mengatakan bahwa saat ini Pokdarwis dalam beberapa minggu ini sudah mulai menyiapkan lokasi wisata guna menampung lonjakan wisatawan. 

"Iya saat ini kami sudah mulai menyiapkan diri dengan adanya lonjakan wisatawan," ujar Multazam. 

Multazam menambahkan jika untuk persiapan yang telah dilakukan oleh pengelola, dalam menyambut lonjakan wisatawan, seperti  menata dan menyiapkan peralatan safety, membuat tangga untuk pengunjung, serta menambah penjagaan. 

"Kita menyiapkan peralatan safety guna lonjakan pengunjung, serta tangga yang biasanya hanya satu sudah kita siapkan dua tangga khusus naik dan turun," imbuhnya. 

Selain itu Pokdarwis juga akan melakukan Koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Singgahan. 

Menurut Multazam persiapan di tahun ini telah dilakukan lebih matang, sebab mengacu pada tahun sebelumnya (Tahun 2022), wisata air terjun Nglirip kebanjiran wisatawan dari berbagai daerah, bahkan dalam satu hari bisa tembus hingga 5.000 pengunjung. 

"Kita lakukan persiapan lebih matang, sebab tahun kemarin, pengunjung mencapai 5.000 orang," imbuhnya.

Sedangkan di tempat berbeda Ketua Pokdarwis Pantai Panduri Sumaji kepada blokTuban mengatakan jika Pokdarwis Pantai Panduri telah bersiap untuk antisipasi berkaitan dengan lonjakan pengunjung libur Nataru. 

"Secara fisik sudah kita siapkan seperti, kepadatan tempat parkir." ujar Sumaji. 

Sedangkan untuk  masalah keamanan dan ketertiban pengunjung, Pokdarwis Pantai Panduri telah menggandeng pihak Polsek dan Koramil Jenu. 

"Keamanan dan ketertiban antisipasi lonjakan pengunjung kita telah berkoordinasi dengan pihak Polsek dan Koramil. Dan yang terjun langsung di tempat wisata adalah Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta melibatkan perangkat desa setempat," imbuhnya. 

Sumaji memprediksi puncak keramaian wisata Panduri akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2024. Namun mulai tanggal 22 Desember 2023  lonjakan pengunjung sudah mulai dirasakan. 

“Lonjakan sudah mulai terjadi, kurang lebih 400-500 pengunjung per hari sudah ada,” pungkasnya. [Nur/Ali]