Resep Ayam Panggang Lengkap dengan Potongan Buah dan Sayur Spesial Natal

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Kuliner yang jamak ditemui saat perayaan Hari Raya Natal salah satunya adalah ayam panggang spesial. Kenapa disebut spesial lantaran dimasak dengan cara dipanggang dengan ditambahkan sayuran dan proses masaknya yang cukup memakan waktu.

Untuk membuat ayam panggang kali ini dibutuhkan 1 ekor ayam utuh. Lantas dimarinasi sepanjang malam atau cukup beberapa jam saja.

 Beberapa bahan yang dibutuhkan cukup banyak diantaranya bumbu untuk marinasi, bumbu tambahan, sayur dan buah yang akan ditambahkan. Simak resep selengkapnya berikut ini.

 

Bahan-bahan

1 ekor ayam utuh (tanpa kepala dan ceker)

1 buah apel

Secukupnya air + 1 sdm garam (untuk rendaman)

Secukupnya butter leleh + madu (untuk olesan)

 

Bumbu marinasi

30 ml kecap hitam

30 ml kecap asin

30 ml saus tiram

30 ml madu

1 sdt garam

1 sdt lada hitam

 

Bahan/ sayur tambahan

Secukupnya rosemary

1 bonggol bawang putih

1 buah bawang bombay

1 buah brokoli + wortel + kentang

Potongan apel

Baby tomato

Secukupnya lada, cabai bubuk, olive oil dan garam

 

Cara membuat

1. Siapkan ayam yang sudah bersih, lalu rendam dengan air garam sekitar 2 Jam tutup dengan plastik wrap.

2. Setelah ayam selesai direndam, siapkan semua bumbu marinasi dalam wadah aduk rata. Baluri setiap bagiannya sambil dipijat.

3. Lalu tutup plastik wrap/ masukan dalam plastik klip. Marinasi sekitar 3-4 jam, atau semalaman ditaruh dalam lemari es chiller.

4. Sambil menunggu, campurkan butter, madu dan rosemary aduk rata, dan siapkan secukupnya bahan/ sayuran tambahan yang akan dipanggang.

5. Setelah selesai marinasi, lap dengan tissu. Isi perut ayam dengan apel dan rosemary kunci dengan tusuk gigi.

6. Letakan di loyang yang sudah dialasi aluminium foil, oles dengan butter. Drumstick dan sayap ditutup foil, boleh juga diikat.

7. Panggang di suhu 150 °C sekitar 160 menit. Setiap 40 menit buka oven olesi ayam dengan butter lalu panggang lagi, dan lakukan setiap 40 menit berikutnya.

Sambil tukar posisi ayam dada atau punggung.

8. Rebus sebentar sayuran yang akan dioven (brokoli + wortel + kentang). Siapkan bawang putih, rosemary, potongan apel, tomat cherry, potongan bawang bombay. Masukan dalam satu wadah, tambahkan olive oil, lada bubuk dan garam aduk rata.

9. Pada 40 menit terakhir panggang sayurannya bersamaan ayam. Tutup bagian atasnya dengan aluminium foil.

10. Lalu 15 menit terakhir baru panggang brokoli dan potongan apel, jangan lupa tutup dengan aluminium foil dan panggang hingga selesai.

 

 

Temukan konten blokTuban.com lainnya di GOOGLE NEWS