Doa yang Dipanjatkan Saat Hujan Lebat Disertai Badai Angin

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Melafalkan doa saat hujan terun mencerminkan tawakkal (bertawakal) kepada Allah dan pengakuan bahwa hanya Dia yang memiliki kekuasaan penuh atas segala sesuatu. Dalam Islam, berdoa saat hujan merupakan salah satu bentuk ibadah dan ketergantungan penuh kepada Allah SWT.

Di waktu hujan turun, Islam mengajarkan untuk memperbanyak doa karena termasuk waktu mustajab untuk berdoa atau waktu di mana doa pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Dari Ibnu Qudamah dalam Al Mughni, meriwayatkan sabda Rasulullah:

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: 1. Bertemunya dua pasukan, 2. Menjelang shalat dilaksanakan, dan 3. Saat hujan turun.”

Doa Ketika Hujan Lebat

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالْآجَامِ وَالظُّرَابِ وَالْأَوْدِيَّةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ.

Arab latin: Allaahumma hawaalainaa wa laa 'alainaa. Allaahumma 'alal aakaami wal jibaali wal aajaami wazh-zhiraabi wal audiyati wa manaabitisy-syajari.

Artinya: Ya Allah, jadikanlah hujan ini sebagai nikmat bagi kami, bukan sebagai siksa atas kami. Ya Allah, berikanlah hujan ke dataran tinggi, gunung, ngarai, anak bukit, lembah dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.

Hujan memang merupakan sebuha berkah, namun ketika hujan yang turun disertai badai angin berdoalah meminta hujan tersebut menjadi berkah bukan mala sebaliknya.

 

   

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS