Terendam Banjir, Dua Sekolah di Desa Sumurgung Tuban Tergenang Lumpur

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tidak hanya merendam ruas jalan di pemukiman rumah saja. Namun, banjir yang terjadi akibat hujan deras pada Jumat (8/12/2023) malam kemarin, rupanya juga merendam dua sekolah yang ada di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Dua sekolah tersebut ialah SDN 1 Sumurgung Tuban dan juga TK Tunas Bangsa Sumurgung. Akibat banjir tersebut, beberapa ruangan di dua sekolah tersebut tergenang lumpur yang cukup tebal, sehingga aktivitas harus terhenti sesaat.

baca juga:

Sungai Meluap, Banjir di Kecamatan Tuban Akibatkan Timbunan Lumpur Terjebak di Jalan Pemukiman Warga

Kepada blokTuban.com, Kepala Bidang (Kabid)  Penanganan Darurat, Logistik, dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Juli Wibowo mengatakan jika pihaknya turut membantu dalam pembersihan dua sekolah yang tertimbun lumpur tersebut. 

"Penyebab banjir disebabkan intensitas hujan yang tinggi sehingga sungai tidak mampu menampung debit air yang terlalu besar dan aliran air dari wilayah dataran yang lebih tinggi. Kejadian tersebut menimbulkan di SDN 1 Sumurgung dan TK Tunas Bangsa Sumurgung tertimbun lumpur," ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (9/12/2023). 

baca juga:

Jalan Darurat Jembatan Dam Seng Tuban Putus Diterjang Banjir

Dua sekolah yang tertimbun lumpur tersebut, rinciannya 11 ruangan dan halaman di SDN 1 Sumurgung Tuban, serta 2 kelas dan juga halaman di TK Tunas Bangsa Sumurgung. 

Saat membantu melakukan pembersihan, lanjuta Juli sapaan akrabnya, pihaknya menggunakan metode penyemprotan dengan mengerahkan tiga mobil tangki BPBD dan satu mobil tangki PMI. 

"Dalam proses pembersihan kami juga dibantu oleh para guru di sekolah tersebut, dengan menggunakan peralatan seadanya," katanya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS