Sungai Meluap, Banjir di Kecamatan Tuban Akibatkan Timbunan Lumpur Terjebak di Jalan Pemukiman Warga

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Banjir yang diakibatkan adanya luapan sungai, kembali terjadi di Kabupaten Tuban pada awal musim penghujan tahun 2023. Kali ini, banjir tersebut terjadi di Dusun Bongkol, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. 

Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat, Logistik, dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Juli Wibowo  mengatakan jika pihaknya menerima laporan dari warga, terkait adanya kejadian banjir yang diakibatkan luapan sungai. 

Penyebabnya, dikarenakan intensitas hujan yang tinggi, sehingga sungai yang berada di wilayah tersebut, tidak mampu untuk menampung debit air yang terlalu besar. 

"Selain itu juga karena aliran air dari wilayah dataran yang lebih tinggi," ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Sabtu (9/12/2023). 

baca juga:

Jalan Darurat Jembatan Dam Seng Tuban Putus Diterjang Banjir

 

Menurut, Juli sapaan akrabnya akibat dari kejadian banjir tersebut, menimbulkan timbunan lumpur tebal di beberapa ruas jalan pemukiman dengan ketebalan kurang lebih 5 cm hingga 10 cm. 

Mendapatkan laporan dari masyarakat tersebut, tim BPBD Kabupaten Tuban langsung mendatangi lokasi dan melakukan pertolongan, dengan cara membersihkan jalan dengan metode penyemprotan dengan menggunakan mobil tangki. 

"Dalam proses pembersihan kami juga dibantu oleh masyarakat sekitar, dengan menggunakan perangkat yang seadanya," jelasnya. 

Dengan banyaknya masyarakat yang turut membantu, akhirnya timbunan lumpur tebal yang ada di beberapa ruas jalan tersebut, dapat dibersihkan dan ditangani dengan baik. 

baca juga:

Hujan Deras Guyur Tuban Kota, Sejumlah Jalan Tergenang Banjir

Untuk diketahui, selain Desa Sumurgung, terdapat pula beberapa wilayah lain yang tergenang banjir akibat hujan deras yang melanda Kabupaten Tuban, termasuk di Desa Tegalbang. 

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, akibat dari banjir bandang yang merendam ruas jalan di Desa Tegalbang, Kecamatan Palang, yang membuat jalanan aspal yang baru saja diperbaiki kembali mengelupas. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS