PMI Tuban Pastikan Stok Darah Aman Selama Bulan Desember 2023

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Selama Desember 2023 ini, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban, pastikan stok atau persediaan darah di Kabupaten Tuban. 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Humas PMI Tuban, Sardju Effendi. Menurutnya, saat ini stok darah di Tuban aman, kecuali jenis golongan darah AB. 

"Untuk stok golongan darah Alhamdulillah masih aman untuk saat ini, hanya komponen golongan darah AB saja yang kosong," jelasnya kepada blokTuban.com Rabu (6/12/2023). 

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Sardju ini mengaku jika kekosongan komponen darah tersebut, biasanya tidak bertahan lama. Pasalnya, dalam kurun waktu dua sampai tiga hari sudah ada masyarakat yang mendonorkan darah di PMI Tuban. 

baca juga:

UDD PMI Tuban Temukan 68 Kantong Darah Terinfeksi Penyakit Menular

 

Terlebih, pada bulan Desember 2023 ini, jadwal kegiatan donor darah di beberapa instansi ataupun perusahaan sudah mengantre. Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa stok golongan darah di Tuban aman, bahkan diprediksi overload. 

"Bulan ini banyak kegiatan, besok kita juga ada kegiatan donor darah, jadi insyaallah kekosongan itu bisa terisi kembali. Jadi untuk bulan ini kita mengurangi kegiatan untuk mengantisipasi overload," sambungnya. 

Lebih lanjut, pria ramah ini juga menambahkan untuk komponen darah whole blood (WB) terdapat stok 2 kantong darah untuk golongan darah A, 3 golongan darah B, 9 golongan darah O. Sedangkan Packed Red Cell (PRC) ada 63  golongan darah A, 106 golongan darah B, 170 golongan darah O dan golongan darah AB kosong. 

baca juga:

PMI Tuban Pastikan Persediaan Darah Aman Selama Ramadan 2023

Sementara komponen darah trombosit hanya tersedia 3 kantong darah B serta 1 kantong darah O. Dan untuk Fresh Frozen Plasma (FFP) terdapat 8 kantong golongan darah A, 9 kantong golongan darah B, 8 kantong golongan darah 0, serta 8 kantong golongan AB. 

"Jadi total kita saat ini ada 393 kantong darah, dari semua golongan dan juga komponen darah. Mulai dari WB, PRC, TC, dan FFP," pungkasnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS