Tidur Siang Sejenak Miliki Bermacam Manfaat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tidur siang dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh terutama bagi anak-anak usia sekolah, hal ini berkaitan dengan meningkatkan konsentrasi, memperbaiki mood, dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan fisik mereka. 

Selain itu, istirahat siang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu memperbaiki kinerja kognitif anak-anak. 

Berdasarkan lamam alodokter.com, kebutuhan tidur siang tiap anak berbeda, tergantung usianya. Misalnya, anak usia 1–2 tahun membutuhkan tidur 14 jam per hari. 

Durasi tidur siang yang dibutuhkan anak akan semakin berkurang seiring bertambah usianya. Anak berusia 6 tahun ke atas biasanya hanya membutuhkan waktu tidur siang sekitar 30 menit saja.

Berikut ini beberapa manfaat tidur siang yang tidak boleh diremehkan bagi tumbuh kembang anak:

Membuat Anak Lebih Bahagia 

Riset telah membuktikan bahwa tidur siang dapat membuat anak lebih bahagia dan mempunyai risiko stres lebih kecil daripada anak yang jarang tidur siang.

Sarana Relaksasi Tubuh 

Tidur merupakan kegiatan tepat untuk relaksasi tubuh dan otak yang telah digunakan anak untuk melakukan segudang aktivitas sebelum jam tidur siang. 

Mencegah Penyakit 

Umumnya, anak terserang suatu penyakit karena daya tahan tubuhnya menurun. Salah satu penyebab turunnya daya tahan tubuh adalah kurang istirahat.

Perkembangan Emosi yang Optimal

Studi di PsychCentral.com menyatakan bahwa balita yang tidurnya kurang dari empat belas jam cenderung lebih cepat cemas dan lebih rewel daripada balita yang cukup tidur.

Meningkatkan Kreativitas

Para ahli menyatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik, sama halnya seperti tidur malam. Pola tidur anak yang baik cenderung bagus dalam menciptakan ide dan karya yang hebat

Meningkatkan Daya Ingat

Anak yang cukup waktu tidurnya cenderung lebih fokus dan mempunyai daya ingat yang lebih baik. Ketika anak menerima informasi, dia akan mengolah dan mengaplikasikannya.

Itulah sederet manfaat tidur siang yang dapat diterapkan oleh orang tua bagi anak-anak untuk memiliki kualitas hidup yang semakin baik.

 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS