Diklaim Penyebab Asam Urat, Rupanya Kacang Tanah Juga Bermanfaat untuk Kesehatan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Memakan makanan olahan dari kacang tanah apakah benar menyebabkan asam urat? Hal ini bahkan sudah diklaim di lingkungan masyarakat yang ternyata memiliki sisi baik bagi kesehatan.

Sebagaimana diketahui, penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukkan kristal asam urat atau uric acid. Kondisi ini juga bisa terjadi pada area sendi manapun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Menurut Dial-A Dietitian Nutrition Information Society of British Columbia, Beth M Ley, PHD, kacang tanah dan selai kacang yang dimakan secara teratur dalam jumlah kecil merupakan sumber protein yang baik untuk pengidap asam urat. 

Pasalnya, kacang tanah mengandung purin dalam jumlah rendah hingga sedang. Purin sendiri merupakan senyawa basa nukleotida, seperti guanin, adenin, dan xantin, yang merupakan komponen dasar DNA, RNA, dan ATP baik pada tumbuhan maupun hewan.

Di dalam tubuh, purin akan dipecah untuk menghasilkan asam urat yang berkontribusi pada pembentukan kristal, bertanggung jawab atas gejala asam urat.

Menurut Livestrong, kacang tanah mengandung cukup purin untuk menyamai 79 mg asam urat per setiap 100 gram. Jumlah tersebut dianggap sebagai konsentrasi purin rendah hingga sedang. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang tanah juga bermanfaat bagi pengidap asam urat lantaran mengandung asam lemak yang memiliki sifat antiinflamasi.

Dikutip dari seorang scientist Atli Arnarson, Rabu (29/11/2023) dalam laman Healthline menyebutkan kacang tanah menyediakan protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan yang manfaat bagi kesehatan lainnya, termasuk meningkatkan rasa kenyang dan membantu melindungi dari penyakit jantung.

Kacang tanah atau arachis hypogaea merupakan tanaman polong-polongan yang berasal dari Amerika Selatan. Di Amerika, kacang tanah jarang dimakan mentah. Sebaliknya, mereka paling sering dikonsumsi dengan cara dipanggang atau sebagai selai kacang.

Kacang tanah kaya akan protein, lemak, dan berbagai nutrisi sehat. Studi menunjukkan bahwa kacang tanah bahkan bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Fakta Nutrisi

Berikut fakta nutrisi 3,5 ons (100 gram) kacang tanah mentah:

Kalori: 567

Air: 7%

Protein: 25,8 gram

Karbohidrat: 16,1 gram

Gula: 4,7 gram

Serat: 8,5 gram

Lemak: 49,2 gram

Jenuh: 6,28 gram

Tak jenuh tunggal: 24,43 gram

Tak jenuh ganda: 15,56 gram

Omega-3: 0 gram

Omega-6: 15,56 gram

Trans: 0 gram

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS