Jangan Salah ini Manfaat Teh Hijau, Minuman Populer dari Tiongkok

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Minuman teh hijau, minuman yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) asal dataran Tiongkok menjadi minuman yang populer di kalangan pegita kebugaran tubuh.

Jika belakangan ini banyak menjamur orang berjualan teh, kali ini kita akan mengulas manfaat teh hijau bagi kesehatan.

Seperti di kutip dair laman Kemenkes, teh hijau rupanya selain menyegarkan juga memiliki beragam manfaat seperti mencegah penyakit jantung dan stroke, menghambat pertumbuhan kanker hingga membantu mengontrol kadar gula darah.

1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Kendati demikian hal ini masih memperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kafein dan asam amino L-theanine dalam teh hijau dapat bekerja bersama untuk meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kewaspadaan.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Kandungan L-theanine dalam teh hijau dapat memberikan efek menenangkan dan membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

5. Membantu mengontrol gula darah

Berkat senyawa catechin yang dikandungnya, teh hijau diduga dapat mengendalikan gula darah penderita diabetes. Karena kemampuannya menurunkan kolesterol dan tekanan darah, teh hijau juga bisa mencegah kerusakan akibat makanan berlemak.

Penting untuk diingat bahwa manfaat-manfaat ini dapat bervariasi antar individu dan tergantung pada sejumlah faktor, termasuk jumlah konsumsi teh hijau dan gaya hidup secara keseluruhan. Sebaiknya, konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS