Memiliki Cita Rasa Legit, Tape Singkong Desa Klutuk Tuban Tembus Jakarta

Penulis : Nurul Mu’affah

blokTuban.com - Tape singkong merupakan makanan tradisional yang masih diminati banyak kalangan, rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk membuat jajanan tradisional ini disukai banyak orang.

Meskipun tape singkong identik dengan Kota Bondowoso, namun tape singkong juga dapat ditemukan di Kota Tuban, Minggu (3/12/2023). 

Tepatnya di Desa Klutuk, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban menjadi daerah sentra produksi tape singkong khas Bumi Wali.

Banyak warga desa ini yang memproduksi tape singkong, setidaknya sekitar 10 hingga 15 warga yang mempunyai UMKM dengan produk tape singkong di Desa Klutuk yang diproduksi secara turun temurun.

Ciri khas tape singkong khas Desa Klutuk ini dikenal dengan rasa yang manis bertekstur empuk dan tidak kering.

Salah satunya adalah Asih, pemilik UMKM tape singkong berlabel “Asih” Tape Singkong Manis. Ia mengaku telah memproduksi tape singkong sejak tahun 2010 silam.

“Awal buat tape tahun 2010, abis nikahan,” ujar Asih.

Dibantu dengan sang suami dan kerabatnya, tape singkong Asih mampu memproduksi kisaran 1-2 kwintal ketela perharinya, tergantung dari banyaknya pesanan.

“Kadang 2 kwintal, kadang satu kwintal, gak mesti kalo ada pesenan banyak ya banyak,” imbuhnya. 

Adapun mengenai proses pembuatan tape singkong sendiri dimulai dari proses pengupasan ketela, pengerikan, pencucian, perebusan, lalu didinginkan dan setelah dingin. Dilanjut dengan proses peragian, setelah itu dikemas dan di diamkan selama 2 hari hingga tape singkong matang dan siap dipasarkan.

“Pengupasan sampai pengerikan, terus pencucian 3x sampai pengukusan, langsung pengipasan, peragian, pengemasan terakhir,” jelasnya.

Tape singkong merk Asih ini terdiri dari dua bungkus yakni bungkus besek yang dihargai seharga Rp. 10.000,- per beseknya, dan bungkus mika bulat seharga Rp. 5.000,- per mika.

“Sampe Jakarta, Semarang, Solo,” tambahnya. 

Asih juga menambahkan, bahwa selain dipasarkan di sekitar Tuban, tape singkong miliknya juga sudah dipasarkan di luar Kota Tuban, seperti Semarang, Solo, bahkan hingga ke Jakarta. Namun untuk area Tuban, tape singkong Asih dapat ditemukan di berbagai tempat seperti di pasar-pasar terdekat dan di Samudra Supermarket. [Rul/Ali]