Kisah Pemilik UMKM “RISTA” Geluti Usaha Pengolahan Hasil Laut Sejak 2010

Penulis : Nurul Mu’affah

blokTuban.com - Desa Pabean merupakan sebuah desa yang terletak di pesisir Laut Jawa, tepatnya di Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. Letaknya yang dilalui garis pantai membuat desa ini dikenal sebagai sentra olahan hasil laut. Banyak UMKM olahan hasil laut ditemukan di penjuru desa ini, Minggu (3/12/2023). 

Salah satu rekomendasi UMKM hasil olahan laut yang dapat kalian coba yakni home industri “Rista” yang merupakan produksi salah satu warga Dusun Karangrejo, Desa Pabean.

Sugito, yang mana merupakan seorang Kadus Karangrejo sekaligus pemilik UMKM Rista ini mengatakan bahwa ia bersama istrinya sudah menggeluti usaha ini sejak tahun 2010 silam.

“Awalnya kita mengawali ini kan karena terbentur keadaan ekonomi yang waktu itu kan masih susah," Jelas Sugito kepada blokTuban.com.

Dia menambahkan, sebelum memiliki usaha UMKM dirinya bekerja sebagai buruh nelayan. Ketidakpastian hasil tangkapan ikan karena cuaca sempat membuat sering menganggur. 

Akhirnya istri Sugito mencoba untuk membuat produk. Awalnya hanya kerupuk ikan dengan kapasitas kecil.

"Dulu pertama kali kita jual itu hanya satu bungkus seharga Rp. 200 perak, itu istri saya keliling ke toko-toko kecil ke warung-warung,” ujarnya. 

Konsisten menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah, termasuk bagi Sugito. Ia mengaku bahwa awal memulai usaha bersama sang istri bukanlah hal yang mudah. 

Berawal dari mencoba memproduksi kerupuk ikan saja lalu dipasarkan ke warung dan toko-toko terdekat, namun hingga saat ini usaha yang digelutinya berkembang pesat dan memiliki banyak varian produk seperti kerupuk ikan, kerupuk cumi, cumi chrispy, cumi balado, kalapan pedas manis, kulit kakap, rengginang, layur chrispy, aneka sambal, terasi, dan sebagainya.

Setiap harinya, dibantu dengan beberapa tetangga dan istri, UMKM milik Sugito ini mampu memproduksi berbagai varian produk yang berbeda. Terdapat sekitar 30 varian olaham hasil laut yang mampu diproduksi oleh UMKM Rista ini. 

“Kalau produksi sendiri tiap hari cuma karena banyak varian produknya kita bergantian. Misalnya hari ini kita produksi kerupuk ikan besoknya ganti kerupuk cumi atau yang lain gitu,” katanya. 

Dari usaha tersebut, Sugito mampu meraup cuan hingga kisaran sepuluh jutaan perbulannya. Sugito juga mengungkapkan, produknya bisa ditemukan di beberapa supermarket seperti Samudra, Bravo, Alfamart dan Indomaret sekitar Tuban, tak hanya itu ia juga memasarkan secara online dengan pengiriman ke seluruh Indonesia.

“Penjualan kalau untuk yang di Tuban itu di Bravo, Samudra, di minimarket, juga sudah masuk ke indomaret juga alfamart. Kebetulan kita kalau untuk pengiriman yang online itu seluruh Indonesia,” imbuhnya. 

Adapun mengenai harga produk olahan hasil laut “Rista” sendiri cukup bervariatif, yakni mulai dari enam ribu hingga puluhan ribu rupiah. [Rul/Ali]