Stadion Tuban Sport Center Kandang Sementara Persela Lamongan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Stadion Tuban Sport Center (TSC) di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menjadi kandang sementara bagi Persela Lamongan, Sabtu (2/12/2023). 

Tuban dipilih oleh Persela karena jaraknya dekat, selama Stadion Surajaya dirombak total. Surajaya dirombak oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyata (PUPR) untuk memenuhi standart FIFA. 

Pembongkaran Stadion Surabaya akan dilakukan pada tengah Desember 2023. Pembongkaran dan pembangunan oleh oleh Kementrian PUPR sebagai tindak lanjut dari tragedi Kanjuruhan yang memakan korban 135 orang. 

Dari evaluasi tersebut, Stadion Surajaya dinyatakan sudah tidak layak dan harus dirombak total untuk memenuhi standart dari FIFA. 

"Kami telah mengajukan ke PT Liga Indonesia Bersatu (LIB) dan menunggu jadwal verifikasi," ujar Ketua Panpel Persela Mahfud Syafi'i kepada media. 

Selain ke PT LIB, Persela juga mengajukan permohonan Risk Assesment dari Mabes Polri. Apabila kedua proses sesuai rencana, Persela sudah bisa menggunakan Stadion Tuban Sport Center saat menjamu Persipa Pati pada 17 Desember 2023 mendatang. 

Manajemen Persela Lamongan juga sudah koordinasi dengan Polres Tuban terkait penggunaan Stadion Tuban Sport Center sebagai kandang sementara. 

"Iya, kemarin Persela datang ke kami koordinasi," kata Kasatreskrim Polres Tuban, Iptu Rianto kepada blokTuban.com. 

Informasinya, Persela akan menjadikan Tuban kandang sementara sampai Stadion Surajaya selesai dibangun ulang. 

"Untuk kontrak Stadion Tuban Sport Center ke Disbudporapar," tutup Rianto. [Ali/Dwi]