Peringati Hari Disabilitas, Puluhan Barberman di Tuban Gelar Aksi Potong Rambut Gratis di SLB

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Cara unik dilakukan oleh puluhan baberman yang tergabung dalam Barber Tuban Community (BTC), dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada awal Bulan Desember 2023 mendatang. 

Bagaimana tidak, untuk memperingati hari bersejarah tersebut, para baberman Tuban menggelar aksi potong gratis di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABD Negeri Tuban, yang berada di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban sekitar pukul 08.00 Wib hingga 12.00 Wib. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua BTC, Fahrus menjelaskan jika aksi potong rambut gratis yang dilakukan oleh komunitasnya tersebut, merupakan agenda rutin yang selalu digelar selama 3-4 bulan sekali. 

"Agenda kita hari ini adalah baksos rutinan 4 atau 3 bulan sekali, kebetulan kita agendakan di SLB ABD Negeri Tuban karena bertepatan dengan memperingati Hari Disabilitas Internasional, sehingga kita menyelenggarakan potong rambut gratis bagi para siswa SLB," ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (29/11/2023). 

baca juga:

 

Mengintip Aksi 20 Barberman Tuban Cukur Tukang Becak dan Pedagang di Parkiran Makam Sunan Bonang

Selain menyasar di sekolah-sekolah, lanjutnya, biasanya program rutin ini juga diselenggarakan di desa-desa terpelosok yang ada di Kabupaten Tuban, serta di sejumlah paguyuban. 

Dimana, pada saat melakukan aksinya, pihaknya juga tidak pernah membatasi peserta untuk memilih gaya atau model rambut yang diinginkan ataupun memberikan kriteria khusus bagi peserta yang ingin mengikuti program ini. 

"Hari ini kami mendatangkan kurang lebih 20 cupster dari BTC, target memotong kita adalah seluruh siswa SLB ABD Negeri Tuban yang rambutnya sudah memanjang. Kita biasanya juga mengadakan di desa pelosok yang jauh dari tukang potong rambut, agar tidak menggangu pendapatan," jelasnya. 

baca juga:

Tak Hanya Pelajar, Tahun Depan Angkutan Gratis di Tuban Akan Diperuntukkan Untuk Umum

Selain program potong rambut gratis, biasanya BTC juga sering mengadakan program donasi potong rambut bayar seikhlasnya. Yang mana, hasil dari donasi yang telah terkumpul tersebut, akan disalurkan kepada wilayah atau orang yang sedang membutuhkan. 

Dengan adanya program-program tersebut, lanjutnya, maka ia berharap untuk ke depannya anggota dari komunitasnya semakin solid dan banyak lagi, serta dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai komunitas yang berjiwa sosial tinggi. 

"Harapan kami juga semoga kami bisa terus melebarkan sayap untuk menyasar ke tempat-tempat lain, untuk mengagendakan baksos potong rambut gratis ini," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS