Kandang Peternakan di Tuban Porak Poranda Diterjang Puting Beliung, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sebuah Kandang Ternak Hewan milik PT SBI, yang berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban porak poranda akibat diterjang angin puting beliung.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengatakan jika insiden ini terjadi pada saat cuaca mendung yang disusul dengan angin yang sangat kencang dan menerjang kandang hewan tersebut, sehingga menyebabkan genting kandang berjatuhan. 

"Saat kondisi cuaca sedang mendung, terjadi puting beliung yang menerjang area kandang ternak hewan milik PT. SBI di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, yang mengakibatkan genteng kandang hewan ternak tersebut berjatuhan," ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (4/11/2023). 

baca juga:

Berikut Kecamatan di Tuban yang Rawan Alami Angin Kencang dan Puting beliung

Pada saat insiden tersebut terjadi, terdapat puluhan hewan ternak di area kandang. Rinciannya, 29 ekor sapi, 19 ekor hewan kambing serta 15 ekor entok milik warga. 

"Ada 15 ekor mentok milik warga juga disana, tetapi masih dalam keadaan seperti sebelumnya," paparnya. 

Penampakan angin puting beliung yang memporak porandakan kandang ternak PT SBI di Kabupaten Tuban. (Foto: Savira W Sofyana/ bloktuban)

Pada saat insiden angin puting beliung ini menerjang kandang hewan tersebut, lanjut Darmaji sapaan akrabnya, di lokasi terdapat dua orang saksi yang menyaksikannya, yaitu Ramuju (45) yang merupakan seorang pemilik hewan ternak dan Mizan (40) Security PT SBI. 

baca juga:

Puting beliung Mulai Terjang Tuban, Rumah Warga Ambruk

Lebih lanjut, atas kejadian ini Darmaji mengungkapkan jika kerugian yang dialami oleh PT SBI, kurang lebih mentaksir Rp25 juta. 

"Atas kejadian tersebut, PT. SBI mengalami kerugian Rp25 juta," tutupnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS