Punya Sport Center Sebagai Ikon Desa, Pemdes Purworejo Tuban Kembangkan Potensi Wisata Pantai Dermaga

Penulis : Ahmad Nawaf Timyati Fandawan

blokTuban.com – Desa Purworejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Memiliki luas kurang lebih sekitar 400 hektare, desa ini terbagi menjadi 3 dusun Yakni Dusun Pereng, Dusun Brangkal dan Dusun Karanganyar.

Desa Purworejo sendiri berbatasan langsung dengan Desa Tasikharjo disebelah Utara, Desa Temaji disebelah Selatan dan Barat serta Desa Sumurgeneng disebelah Timur yang mana sekarang dipimpin oleh Muksamiadi selaku Kepala Desa.

Dengan penduduk sekitar 2.600 Jiwa warga Desa Purworejo mayoritas berprofesi sebagai petani namun profesi ini sendiri kebanyakan diisi oleh generasi tua saja, dan kebanyakan yang generasi muda banyak yang bekerja di sektor perindustrian.

Desa Purowejo memiliki sebuah ikon desa yakni berupa sport center yang dibangun pada tahun 2018 lalu. Dalam area ini menyediakan berbagai macam lapangan olahraga seperti Lapangan Badminton, Lapangan Bola Voli, Lapangan Bola dan juga Lapangan Futsal.

“Dulu-dulu itu nggak ada ikonnya cuman sekarang yang jadi ikon Purworejo itu ya satu masjid yang masih baru berdiri yang menjadi ikon dan juga yang kedua sport center. Lapngan bola ada, lapangan voli ada, futsal ada jogging treknya juga ada,” tuturnya.

Selain itu, pria berusia 51 tahun ini mengatakan jika saat ini  pihak Desa Purworejo juga memiliki rencana dalam pembangunan sport center tersebut hal ini dilakukan sebagai pengembangan  ikon desa dan juga penyediaan serta penambahan fasilitas  agar bisa lebih menunjang masyarakat yang ingin berolahraga disana.

“Kalau rencana saya ya mengembangkan di sport center, ya saya akan berusaha untuk mewujudkan membuat kolam renanglah, juga nanti dibangun juga kebun buah di sport centernya,” tambahnya.

Sekedar informasi, di Desa Puroworejo ini memiliki sebuah wisata baru yang dinamakan Pantai Dermaga. Wisata ini sendiri masih belum dibuka secara resmi sebagai wisata desa, namun wisata ini memiliki sebuah keindahan pasir pantai terlebih lagi saat sore hari dengan menikmati matahari tenggelam.

Selain itu juga di Desa Purworejo teradapat sebuah situs peninggalan zaman dahulu berupa benteng yang konon peninggalan dari zaman belanda yang berlokasi di Dusun Karangayar bearada di tepi pantai tepatnya di dalam kawasan PT. Multi Baja Industri.[Mad/Dwi]

 

*Penulis merupakan mahasiswa aktif Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang magang di media blokTuban.com.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS